Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Dorong Transisi Energi Bersih, Perhelatan Akbar IIMS 2022 Kembali Digelar

Kompas.tv - 1 April 2022, 03:05 WIB
dorong-transisi-energi-bersih-perhelatan-akbar-iims-2022-kembali-digelar
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto Resmikan Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022. (Sumber: Dok. Dyandra Promosindo)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV –  Perhelatan akbar Indonesia International Motorshow (IIMS) yang mengusung tema “your infinite automotive experience” kembali digelar pada 31 Maret - 10 April 2022 di Jiexpo Kemayoran.

Event tahunan yang digagas Dyandra Promosindo, menghadirkan hampir seluruh brand roda dua dan roda empat. Termasuk kendaraan listrik (electric vehicle) yang menjadi prioritas pemerintah dalam presidensi G20.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam sambutannya menyebutkan, kontribusi sektor otomotif atau alat angkut, tumbuh sekitar 4,52 persen.

Utilisasi di sektor kendaraan bermotor sudah membaik termasuk juga penjualan dengan adanya insentif PPnBM, yang merupakan bagian dari program pemerintah untuk pemulihan ekonomi nasional.

"Pemerintah berhasil merealisasi insentif PPnDPT di tahun 2021 dengan budget Rp3,46 triliun, dan realisasinya mencapai Rp4,64 triliun (133 persen)," tuturnya yang juga menilai hal itu menunjukkan antusiasme masyarakat dan pulihnya market demand.

Adapun di tahun 2022, realisasi dari PPnBM sebesar Rp15,8 Miliar untuk Januari s/d Februari 2022. Kegiatan penjualan juga mencatat peningkatan di bulan Februari sebanyak 81.000 unit. Dibandingkan tahun lalu, naik sebesar 65 persen.

"Jadi secara keseluruhan sektor otomotif roda 4 roda 2 dapat dikatakan telah kembali pulih," tegas Airlangga.

Baca Juga: Jokowi Luncurkan Mobil Listrik Pertama Asli Indonesia

Menurutnya, transisi ke mobil listrik menjadi sebuah keharusan. Karena 1L bensin dengan harga Rp15.000 s/d Rp17.000 setara dengan 1,5 kwh atau sekitar 10 persen dari harga bensin, yaitu Rp1.500 per 1,5 kwh tanpa subsidi pemerintah.

“Jadi, kendaraan listrik adalah solusi teknologi untuk mengurangi ketergantungan kita terhadap minyak," ujarnya.  

Airlangga juga menyebutkan, dalam tahun ini akan ada tiga pabrik mobil listrik yang akan launching di Indonesia. Mengingat, Pemerintah terus mendorong geliat industri otomotif melalui Peraturan Menteri Keuangan.

Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh menyampaikan, lewat IIMS Hybrid 2022 ini, harapannya bisa bersama-sama mengambil peran dalam menyukseskan program transisi energi bersih untuk mencapai target Net Zero Emission pada tahun 2060.

Masyarakat yang ingin mengunjungi secara langsung IIMS Hybrid 2022 di JIExpo Kemayoran, dapat membeli tiket secara online terlebih dahulu di situs indonesianmotorshow.com.

“Sebagai bentuk upaya apresiasi kepada pelanggan, IIMS Hybrid 2022 telah menyiapkan grandprize 4 unit mobil dan 2 unit motor,” ujarnya.

Diketahui, sejumlah Agen Pemegang Merek (APM) kendaraan motor dan mobil akan turut meramaikan pameran ini. Aftermarket dari Perkumpulan Pengusaha Aksesoris Mobil Indonesia (PAHAMI) serta puluhan brand aftermarket lainnya juga turut hadir.

 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x