Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Pelanggan Telkomsel Jatim Segera Tukar Kartu ke 4G, Layanan 3G akan Dimatikan 20 Juli

Kompas.tv - 14 Juli 2022, 07:19 WIB
pelanggan-telkomsel-jatim-segera-tukar-kartu-ke-4g-layanan-3g-akan-dimatikan-20-juli
Ilustrasi. Pengguna mendatangi gerai GraPari Telkomsel untuk.menukar kartu 3G menjadi kartu 4G. (Sumber: Telkomsel )
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Telkomsel akan segera menonaktifkan sinyal 3G di wilayah Jawa Timur, sesuai aturan Kementerian Komunikasi dan Informatika. Vice President Consumer Sales Telkomsel Area Jawa Bali Riny Novitriyanti mengatakan, pelanggan diharap segera bermigrasi dari 3G ke layanan 4G.

Caranya, dengan menukarkan kartu SimCard ke GraPARI Telkomsel terdekat di Jatim.

"Dengan demikian, penggunaan frekuensi oleh operator seluler dapat difokuskan untuk pengembangan dan peningkatan kualitas 4G agar lebih cepat," kata Riny seperti dikutip dari Antara, Kamis (14/7/2022).

Yang perlu diingat, untuk bisa menikmati jaringan internet 4G, pengguna juga harus mengganti ponsel mereka ke ponsel 4G.

Baca Juga: Gratis! Ini 5 Cara Menukar Kartu SIM Telkomsel 3G ke 4G

"Di Jatim, kami terus secara masif melakukan edukasi dan sosialisasi kepada pelanggan 3G tentang upgrade layanan ke 4G. Mereka yang masih menggunakan gawai 3G juga harus segera mengganti dengan gawai 4G karena untuk bisa bermigrasi ke 4G harus menggunakan gawai 4G," tutur Riny.

Riny menyampaikan, proses migrasi kartu di Jatim akan berakhir 20 Juli 2022. Pada 21 Juli, dipastikan tidak akan tersedia kembali jaringan atau sinyal 3G di Jatim.

"Sebelum tanggal itu, akan ada proses penonaktifan 3G di beberapa kota, seperti Surabaya, Bangkalan, Madiun, Magetan, Mojokerto, Kediri, Sampang, Ngawi, Pacitan, Pasuruan, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, dan Pamekasan," ungkapnya.

Untuk jadwal pengalihan layanan, kata dia, dapat diakses melalui laman Telkomsel, sebab prosesnya secara kondisional atau bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kesiapan masing-masing wilayah.

Baca Juga: Bye Bye 3G, Telkomsel dan XL Tinggal Tunggu Waktu, Indosat Masih Belum Jelas




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x