Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Menhub: Kereta Cepat Jakarta-Surabaya akan Dibangun, Waktu Tempuh Jadi Hanya 4 Jam

Kompas.tv - 27 Oktober 2022, 19:00 WIB
menhub-kereta-cepat-jakarta-surabaya-akan-dibangun-waktu-tempuh-jadi-hanya-4-jam
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya akan dibangun di masa depan. (Sumber: Kemenhub)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa pemerintah akan membangun proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya. 

Saat ini, proyek kereta cepat di Indonesia baru mempunyai satu rute yakni Jakarta-Bandung. Nantinya rute tersebut akan dilanjutkan hingga ke Surabaya. 

"Kereta cepat juga gitu kok, dibangun cuma Jakarta-Bandung banyak kok-nya, tapi kalau kita yakin ini akan kita bangun Jakarta-Surabaya," kata Menhub Budi dalam acara "Sustainable Smart Transportation" yang dikutip dari Kompas.com, Kamis (27/10/2022).

Budi menjelaskan, jika proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya ini dibangun, maka waktu tempuh dari Jakarta menuju Surabaya hanya akan menjadi 4 jam saja. 

Nantinya, konsep proyek kereta cepat ini akan melalui sembilan wilayah mulai dari Jakarta, Karawang, Bandung, Kertajati, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Madiun dan Surabaya. 

"Jadi kita kawal benar kereta cepat ini konsep perencanaannya sedang dilaksanakan sama-sama, jadi rencananya itu Jakarta, Karawang, Bandung, Kertajati, Purwokerto terus Yogjakarta, Solo, Madiun dan Surabaya. 4 jam mudah-mudahan bisa melaksanakan itu," imbuhnya. 

Lebih lanjut, Menhub Budi ingin landasan-landasan terkait proyek kereta cepat Jakarta-Surabaya ini harus dilaksanakan agar bisa dibangun di waktu yang akan datang. 

Baca Juga: Menteri BUMN Erick Thohir Jelaskan Pembengkakan Biaya Kereta Cepat: Harga Baja Naiknya Luar Biasa

Ia lalu mencontohkan seperti proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta yang di mana sudah dibicarakan 15 tahun yang lalu dan sekarang baru berhasil dibangun.

"Jadi kita letakan dulu landasan itu, tahu MRT, itu sudah dibahas 15 tahun, pak Jokowi berani kita mulai pembangunan MRT dan terjadi dan bisa," tuturnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Menhub Budi juga mengungkapkan proyek pengadaan bus listrik di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur pada 2023 mendatang. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x