Kompas TV bisnis kebijakan

Isu KA Argo Parahyangan Bakal Disetop, Kemenhub, KAI & Jubir Menko Marves Bilang Masih Pembahasan

Kompas.tv - 2 Desember 2022, 16:02 WIB
isu-ka-argo-parahyangan-bakal-disetop-kemenhub-kai-jubir-menko-marves-bilang-masih-pembahasan
 Kereta Api Argo Parahyangan yang melayani rute Bandung-Gambir PP. (Sumber: -)
Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kereta Api (KA) Argo Parahyangan rute Jakarta-Bandung dikabarkan akan dihentikan operasionalnya saat Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) beroperasi pada tahun depan (2023).

Terkait isu ini, Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Jodi Mahardi justru tidak menegaskan penghentian operasional KA Argo Parahyangan yang disampaikan sebelumnya oleh pimpinannya,  Luhut Binsar Pandjaitan.

"Masih dalam pembahasan (penghentian KA Argo Parahyangan) dengan para pemangku kepentingan," ujarnya, Kamis (1/12/2022), dikutip dari Kompas.com.

Sementara, Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati juga tidak memberikan penegasan bahwa KA Argo Parahyangan bakal di-nonaktifkan.

Pihaknya bersama stakeholder terkait sampai saat ini masih fokus dalam percepatan penyelesaian pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung.

Baca Juga: 23 Desember dan 1 Januari 2023 Favorit Perjalanan Kereta Angkutan Natal dan Tahun Baru

"Saat ini masih kami masih fokus untuk memastikan proyek KA Cepat Jakarta-Bandung selesai sesuai target," terangnya.  


Mengenai operasional KA Argo Parahyangan, lanjutnya, masih dalam tahap pembahasan bersama semua stakeholders.

"Tentu hasilnya akan disosialisasikan kepada masyarakat," ucapnya.

Secara terpisah, Vice Presiden Public Relations KAI Joni Martinus tidak membenarkan isu KA Argo Parahyangan akan berhenti beroperasi saat Kereta Cepat Jakarta-Bandung beroperasi.

Namun, ia mengatakan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan seluruh stakeholders terkait pengoperasian KA Argo Parahyangan rute Jakarta-Bandung.

 "Jika nantinya diputuskan pemerintah seperti itu, KAI sebagai operator tentunya akan patuh terhadap kebijakan dan peraturan pemerintah. KAI berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat," ungkapnya.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x