Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

KAI Tambah Tiket Kereta untuk Libur Natal dan Tahun Baru 2023, Ini Detailnya

Kompas.tv - 12 Desember 2022, 07:39 WIB
kai-tambah-tiket-kereta-untuk-libur-natal-dan-tahun-baru-2023-ini-detailnya
Ilustrasi pengguna moda transportasi kereta api jarak jauh di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Sabtu (12/11/2022). (Sumber: ANTARA/HO-Humas PT KAI Daop 1 Jakarta.)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Untuk melayani kebutuhan masyarakat selama Libur Natal dan Tahun Baru, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyiapkan  2.236.021 tiket kereta api jarak jauh. Vice President Public Relations PT KAI Joni Martinus menyampaikan, hingga 8 Desember 2022 sudah 429.249 tiket sudah dipesan oleh masyarakat. Jumlah itu sekitar 20 persen dari tiket yang tersedia. Tiket akan ditambah.

"56 operasi kereta api akan ditambahkan sepanjang masa Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, tepatnya pada keberangkatan 22 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023. Tercatat ada 513.348 tempat duduk yang ditambahkan untuk mengakomodasi permintaan di hari libur tersebut," kata Joni seperti dikutip dari Kompas.id, Senin (12/12/2022).

Agar tidak kehabisan tiket, Joni mengimbau masyarakat untuk memesannya dari jauh-jauh hari. Ia menyebut, perjalanan kereta ditambah untuk rute-rute favorit masyarakat. Yakni rute Jakarta-Solo, Jakarta-Surabaya, Bandung-Purwokerto, dan Yogyakarta-Surabaya.


 

“PT KAI berharap masyarakat dapat segera memesan tiket dari jauh-jauh hari, karena tiket kereta api masa Libur Natal dan Tahun Baru 2023 masih cukup banyak tersedia. Tiket sudah dapat dipesan mulai 22 November lalu, melalui aplikasi KAI Access, web kai.id, dan seluruh channel penjualan online resmi lainnya,” tutur Joni.

Baca Juga: Tiket Kereta Api Promo 12.12, Siap-Siap Rebutan Malam Ini sampai Besok

Ia pun mengingatkan calon penumpang untuk memperhatikan syarat naik kereta api jarak jauh terbaru. Di mana penumpang kereta api jarak jauh berusia 18 tahun ke atas harus sudah menerima vaksinasi ketiga atau booster (penguat). Adapun pelanggan usia 6-17 tahun wajib telah menerima vaksinasi kedua.

Ada juga calon penumpang yang sudah membeli tiket dari bulan lalu. Misalnya Aldi (27), seorang pekerja di Jakarta yang berasal dari Jawa Tengah. Ia telah membeli tiket musik sejak November kemarin. Aldi tak mau rencana merayakan Natal bersama keluarga, gagal karena kehabisan tiket.

Ia memesan tiket untuk keberangkatan 23 Desember 2022. Tanggal tersebut banyak dipesan dan begitu juga dengan tiket pada awal Januari. Sehingga dia pun berencana segera memesan tiket pulang.

Tapi ada juga calon penumpang yang baru membeli tiket seminggu sebelum keberangkatannya. Seperti Janening, yang akan berangkat ke Jawa Timur pada 17 Desember tapi baru memesan tiket 11 Desember 2022. Janening membeli tiket lewat aplikasi KAI sehingga bisa leluasa memilih tempat duduk.



Sumber : Kompas.id



BERITA LAINNYA



Close Ads x