Kompas TV cerita ramadan panduan

Tahan Sampai Satu Minggu, Begini Cara Menyimpan Kolang-kaling yang Benar

Kompas.tv - 9 April 2022, 08:40 WIB
tahan-sampai-satu-minggu-begini-cara-menyimpan-kolang-kaling-yang-benar
Ilustrasi kolang-kaling. Cara menyimpan kolang-kaling agar tahan sampai satu minggu menurut chef. (Sumber: Dok. Sajian Sedap)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kolang-kaling menjadi salah satu primadona di bulan Ramadan. Namun, cara menyimpan kolang-kaling harus diperhatikan agar tetap awet hingga satu minggu.

Untuk diketahui, kolang-kaling merupakan biji tanaman aren yang kerap diolah untuk hidangan berbuka puasa alias takjil di bulan Ramadan.

Tak sedikit yang menyetok kolang-kaling di rumah agar tak perlu pergi ke pasar setiap hari untuk membelinya. Namun, jika penyimpanan tidak dilakukan dengan benar, kolang-kaling akan basi dan tak bisa diolah menjadi makanan.

Baca Juga: 5 Tips Olah Kolang-Kaling Jadi Empuk dan Tidak Bau Asam

Corporate Chef Parador Hotels & Resorts, Chef Gatot Susanto, membagikan tips menyimpan kolang-kaling di kulkas agar awet.

Chef Gatot menuturkan bahwa menyimpan kolang-kaling dapat dilakukan dengan cara wrapping dan vakum, lalu dimasukkan ke kulkas.

Cara ini, menurut Chef Gatot, dapat membuat kolang-kaling tahan sampai 10 hari.

"Bisa di-wrapping dan divakum taruh di kulkas itu awet, bisa satu minggu sampai 10 hari," jelas Chef Gatot, seperti dikutip Kompas.com, Sabtu (9/4/2022).

Chef Gatot menyarankan untuk menyimpan kolang-kaling di kulkas, bukan di freezer karena dikhawatirkan tidak akan mengembang saat direbus.

“Saya sama sekali tidak menyarankan cara seperti itu, nanti malah pada saat merebusnya lagi tidak ngembang lagi. Seperti tersendat setengah, enggak bisa mengembang sempurna,” paparnya.

Baca Juga: Cara Membuat Air Nabeez, Air Rendaman Kurma Favorit Nabi, Cocok untuk Sahur dan Buka Puasa

Dia juga menyarankan untuk tidak menyetok kolang-kaling terlalu banyak agar pemakaiannya dapat diatur dengan mudah. 

Cara menyimpan kolang-kaling juga dapat disiasati dengan memasukkannya ke dalam plastik kecil sesuai dengan takaran sekali masak. 

Cara ini lebih praktis ketimbang menyimpannya dalam wadah besar dan harus mengambilnya. Anda tinggal mengambil satu plastik kolang-kaling dari kulkas saat akan memasak.

Cara ini juga mencegah kolang-kaling lain terkontaminasi dengan udara dan membuatnya cepat basi.



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x