Kompas TV cerita ramadan jadwal

Jadwal Imsak, Salat, dan Buka Puasa Kota Solo dan Sekitarnya Hari Ini, Kamis 21 April 2022

Kompas.tv - 21 April 2022, 03:05 WIB
jadwal-imsak-salat-dan-buka-puasa-kota-solo-dan-sekitarnya-hari-ini-kamis-21-april-2022
Berikut ini merupakan jadwal Imsakiyah Ramadan 2022 atau Jadwal Imsakiyah Ramadan 1443 H (Sumber: Situs Resmi Muhammadiyah.or.id)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV - Berikut ini jadwal imsak, salat, dan buka puasa di wilayah Solo hari ini, Kamis (21/4/2022), bertepatan dengan hari ke-19 Ramadan 1443 Hijriah.

Jelang akhir Ramadan, umat muslim di seluruh dunia tetap bersemangat untuk menjalankan ibadah puasa, termasuk masyarakat di wilayah Solo.

Demi menjaga ketepatan waktu dalam beribadah, masyarakat di wilayah Solo dan sekitarnya penting untuk mengetahui jadwal imsak, salat, dan buka puasa.

Jadwal ini sebagaimana dilansir dari laman Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kementerian Agama yang telah mengeluarkan jadwal Imsak berbeda-beda untuk setiap wilayah.

Berikut KOMPAS.TV rangkum jadwal imsak, salat dan buka puasa di Solo dan sekitarnya untuk hari ini, Kamis 21 April 2022.

Jadwal Imsak di Solo, 21 April 2022

Imsak: 04:12
Subuh: 04:22
Dzuhur: 11:39
Ashar: 14:58
Maghrib/buka puasa: 17:36
Isya: 18:45

Baca Juga: Koko’o Tradisi Warga Bangunkan Sahur Di Gorontalo

Kapan waktu terbaik untuk sahur?

Diberitakan KOMPAS.TV sebelumnya, Habib Husein Ja’far menyebut waktu terbaik sahur justru di akhir, alias mepet di imsak dan subuh.

“Sahur terbaik itu ada di akhir-akhir waktu. Mepet imsak, jangan jam satu pagi. Justru itu yang bagus, waktu yang mepet imsak. Itu sebagai bentuk cinta Allah kepada kita,” kata Habib Husein dalam program Ada Komika Bertanya pada Ustaznya Kompas TV.

Penulis buku Tuhan Ada di Hatimu itu lantas menjelaskan, sahur mepet-mepet justru adalah bukti Allah cinta kepada hambanya agar saat berpuasa nanti bisa kuat.

“Bukti sayang Allah kepada kita, biar kita kuat puasanya,” tambahnya.

Rigen, salah satu komika, bertanya kepada Habib Husein Ja’far, ”Kalau mepet-mepet azan subuh, bagaimana?

“Imsak itu bukan pertanda berhentinya makan dan minum. Imsak itu bentuk kehati-hatian. Imsak itu artinya menahan. Pertanda (berhenti sahur) adalah azan,” paparnya.

Hanya, problemnya, kata Habib, jika saat azan subuh berkumandang makanan atau minuman masih ada di mulut, maka ia harus dikeluarkan.

“Nah, kalau dikeluarkan jadinya ‘kan mubazir. Nah, agar kita tidak mubazir, tahan beberapa menit sebelum azan. Itu yang kemudian disebut dengan imsak, biar juga siap-siap salat subuh,” tutupnya.

Baca Juga: Kue Dan Makanan Khas Thailand, Untuk Berbuka Dan Santap Sahur



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x