Kompas TV cerita ramadan amalan

Bacaan Doa Ramadan Hari ke-20, Dibuka Pintu Langit dan Ditutupkan Pintu Neraka

Kompas.tv - 22 April 2022, 07:20 WIB
bacaan-doa-ramadan-hari-ke-20-dibuka-pintu-langit-dan-ditutupkan-pintu-neraka
Ilustrasi berdoa. Berikut ini merupakan doa Ramadan Hari ke-20. (Sumber: Pixabay)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tidak terasa, Bulan Ramadan 1443 Hijriah sudah memasuki hari ke-20. Berikut ini merupakan bacaan doa hari ke-20 Ramadan yang bisa diamalkan agar Ramadan kian berkah.

Umat Islam di Indonesia sendiri kebanyakan memulai puasa 1 Ramadan pada hari Minggu 3 April 2022, berdasarkan keputusan soal sidang Isbat yang dikeluarkan pemerintah pada hari Jumat, 1 April 2022. Sehingga pada hari ini, Jumat (22/4/2022), merupakan hari ke-20 Ramadan.

Hari ke-20 ini memiliki makna penting, yakni umat Islam sudah memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadan. Sebuah keberhasilan yang patut disyukuri dan agar meningkatkan ibadah.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa ketika memasuki 10 Ramadan terakhir, beliau bersungguh-sungguh dalam ibadah (dengan meninggalkan istri-istrinya), menghidupkan malam-malam tersebut dengan ibadah, dan membangunkan istri-istrinya untuk beribadah.” (HR. Bukhari)

Selain, fase 10 hari terakhir bulan Ramadan ini merupakan fase penting mengingat banyaknya magfirah (ampunan di dalamnya), dan tentu saja kita tidak ingin kehilangan momen ini, bukan? 

Sebagaimana hadis di atas, ada banyak cara yang bisa kita lakukan, mulai dari  memperbanyak baca Al-Qur'an, bersedekah, dan biasanya para ulama menghabiskan waktu dengan beriktikaf di masjid. 

Baca Juga: Doa Ramadan Hari ke-18: Arab, Latin dan Terjemahan

Lantas, Kapan Dibaca Doa Ramadan Ini?

Pada dasarnya, doa ini bisa dibaca kapan saja, khususnya setelah salat lima waktu sebagai upaya untuk mendapatkan berkah di bulan suci Ramadan 1443 H. 

Berikut ini merupakan doa Ramadan hari ke-10 dikutip dari Pendidikan Islam Kementerian Agama dengan harapan dibukakan pintu surga, serta ditutupkan bagi pengamalnya pintu neraka.

Doa Ramadan Hari ke-20

Bacaan Doa hari kedua puluh Ramadan (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Teks Latin: Allâhummaftah lî fîhi abwâbal jinâni wa agliq ‘annî fîhi abwâban nîrân wa waffiqnî litilâwatil qur’âni yâ munzilas sakînata fî qulûbil mu’minîn

Artinya: Ya Allah, bukakanlah bagiku di bulan ini pintu-pintu menuju surga dan tutupkan bagiku pintu-pintu neraka. Berikanlah kemampuan padaku untuk menelaah Al-Qur’an di bulan ini. Wahai yang menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin. 

Semoga Allah senantiasa menjawab doa-doa kita di bulan suci Ramadan ini. Amin. Wallahu a'lam.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x