Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Mulai Hari Ini, Tarif Tol Cipularang dan Tol Padaleunyi Naik, Berikut Detailnya

Kompas.tv - 5 Juni 2023, 08:05 WIB
mulai-hari-ini-tarif-tol-cipularang-dan-tol-padaleunyi-naik-berikut-detailnya
Tarif Tol Cipularang dan Tol Padaleunyi naik mulai Senin (5/6/2023). (Sumber: Instagram @jasamargametropolitan)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Tarif Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) dan Padalarang-Cileunyi (Padaleunyi) naik mulai hari ini, Senin (5/6/2023) pukul 00.00 WIB. 

Senior General Manager Jasamarga Metropolitan Tollroad Regional Division Widiyatmiko Nursejati mengatakan, penyesuaian tarif ini sudah sesuai dengan peraturan.

Tarif Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang berdasarkan jenis kendaraan dan asal-tujuan kendaraan. (Sumber: Instagram @jasamargametropolitan)

Yaitu Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) No. 496/KPTS/M/2023 tanggal 02 Mei 2023 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang.

Baca Juga: Ini Harga BBM Terbaru Pertamina, Shell, Vivo, dan BP Untuk Travelling Saat Long Weekend

Kemudian Keputusan Menteri PUPR No. 533/KPTS/M/2020 tanggal 17 Mei 2023 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Padalarang-Cileunyi.

Tarif Tol Padalarang-Cileunyi terbaru yang akan naik dalam waktu dekat berdasarkan golongan kendaraan serta asal-tujuan kendaraan. (Sumber: Instagram @jasamargametropolitan)

"Berdasarkan regulasi tersebut, evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi," kata Widiyatmiko dalam keterangan tertulisnya beberapa waktu lalu. 

Jasa Marga menyatakan, penyesuaian tarif ini juga merupakan penyesuaian reguler mengikuti nilai inflasi daerah sebesar 6,49 persen. 

Tarif Tol Padalarang-Cileunyi terbaru yang akan naik dalam waktu dekat berdasarkan golongan kendaraan serta asal-tujuan kendaraan. (Sumber: Instagram @jasamargametropolitan)

Widiyatmiko menjelaskan, ruas Tol Cipularang dan Padaleunyi merupakan ruas yang terintegrasi (toll to toll), sebagai jalur utama yang menghubungkan Jakarta menuju Bandung dan sekitarnya yang tersambung melalui jaringan jalan tol Jakarta – Cikampek, Soreang – Pasir Koja, dan Cileunyi – Sumedang - Dawuan (Cisumdawu).

Baca Juga: Grup Kalla Masuk Bisnis Motor Listrik, Jual 4 Tipe Mulai Rp17 Juta hingga Rp54 Juta

Keberadaan Jalan Tol Cipularang dan Padaleunyi juga dapat mempersingkat waktu tempuh Jakarta (Cawang) menuju Bandung (Pasteur) menjadi kurang lebih 2 jam dan 2,5 jam menuju Rancaekek (Cileunyi), lebih cepat 2-2,5 jam dibandingkan melalui jalan nasional (non tol) yang sekitar 4-4,5 jam.

"Penyesuaian tarif ini juga akan menjadi poin penting bagi pengembangan wilayah di sekitar Ibu Kota Provinsi Jawa Barat, Bandung, dengan peningkatan percepatan pergerakan logistik dan mobilitas orang," ujarnya. 

"Mendukung perekonomian wilayah dan perluasan kawasan properti, kawasan industri serta merupakan jalur wisata yang mendukung perkembangan destinasi populer baru, kuliner, dan pusat perbelanjaan," ujarnya.

Ia menegaskan, seiring dengan kenaikan tarif, Jasa Marga juga terus melakukan perbaikan untuk peningkatan pelayanan kepada pengguna Jalan Tol Cipularang dan Padaleunyi. 




Sumber :


BERITA LAINNYA



Close Ads x