Kompas TV ekonomi loker

Tes Online Hari Ini, Simak Bocoran dan Kisi-kisi TKD dan Tes AKHLAK Rekrutmen Bersama BUMN 2023

Kompas.tv - 12 Juni 2023, 08:06 WIB
tes-online-hari-ini-simak-bocoran-dan-kisi-kisi-tkd-dan-tes-akhlak-rekrutmen-bersama-bumn-2023
Tes Online Tahap 1 Rekrutmen Bersama BUMN 2023 dimulai hari ini, Seni (12/6/2023) (Sumber: Instagram)
Penulis : Dian Nita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tes online tahap pertama Rekrutmen Bersama BUMN 2023 mulai dilaksanakan hari ini, Senin (12/6/2023) hingga 19 Juni.

Dalam jadwal yang telah dirilis, tes online tahap pertama ini diikuti oleh peserta lulusan D-III, D-IV/S-1, S-2 yang lolos seleksi administrasi Rekrutmen Bersama BUMN 2023.

Adapun materi yang akan diujikan pada tes online tahap 1 ini meliputi Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Tes AKHLAK atau Core Values BUMN.

Khusus lulusan SMA/SMK sederajat, tes online hanya meliputi Tes Kemampuan Dasar (TKD) yang dilaksanakan mulai 16-20 Juli 2023.

"Jadwal pelaksanaan Test menyesuaikan dengan Jadwal yang sudah dikirimkan ke masing-masing peserta, serta pastikan kamu mengikuti jadwal terupdate," tulis akun Forum Human Capital Indonesia di @fhci.bumn, Minggu (11/6).

Baca Juga: Lulusan SMA Merapat, Ada Lowongan Kerja di Kereta Cepat Jakarta Bandung 2023, Simak Syaratnya

"Jangan lupa persiapkan diri dan perangkatmu sesuai dengan informasi yang telah diberitahukan. Raih karir impianmu, dengan belajar, bertumbuh, dan berkontribusi untuk Indonesia!" lanjutnya.

Lantas, apa itu TKD dan Tes Akhlak BUMN?

Tes Kemampuan Dasar atau TKD adalah ujian dasar yang termasuk dalam indikator penilaian Rekrutmen BUMN. Biasanya TKD dibagi ke dalam tiga jenis soal, yaitu verbal, numerik, dan gambar.

Oleh karena itu, bagi yang akan mengikuti seleksi ini sebaiknya mulai berlatih soal-soal TKD yang meliputi soal verbal, numerik dan gambar.

Sementara itu Tes AKHLAK adalah ujian seputar Core Values BUMN, yang merupakan nilai-nilai dasar yang harus dimiliki oleh setiap pegawai BUMN.

Core Values BUMN diatur dalam SE-7/MBU/07/2020 tentang Nilai-nilai Utama (Core Values) Sumber Daya Manusia Badan Usaha Milik Negara.

Surat edaran (SE) tersebut ditetapkan dengan tujuan agar setiap SDM BUMN mengetahui, mengimplementasikan, dan menginternalisasi Core Values BUMN.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x