Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Mulai Dibangun 12 Tahun Lalu, Jokowi Akhirnya Resmikan Tol Cisumdawu Sepanjang 62 Km

Kompas.tv - 11 Juli 2023, 11:36 WIB
mulai-dibangun-12-tahun-lalu-jokowi-akhirnya-resmikan-tol-cisumdawu-sepanjang-62-km
Presiden Joko Widido meresmikan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Selasa (11/7/2023). Peresmian dilakukan di terowongan kembar Tol Cisumdawu, Kab. Sumedang, Jawa Barat (Sumber: Tangkapan layar Breaking News Kompas TV.)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widido meresmikan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), Selasa (11/7/2023). Peresmian dilakukan di terowongan kembar Tol Cisumdawu, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. 

Presiden Jokowi menyatakan, Tol Cisumdawu sebenarnya sudah dibangun sejak 2011 atau 12 tahun yang lalu. 

"Artinya sudah 12 tahun. Tapi memang banyak problem di lapangan. Utamanya masalah pembebasan lahan," kata Jokowi saat peresmian Tol Cisumdawu, dikutip dari tayangan Breaking News Kompas TV.

"Kita saat ini berada di terowongan kembar sepanjang 472 meter. Tidak ada jalan yang lewati terorowongan kembar sepanjang ini di Indonesia," ujarnya. 

Baca Juga: Tuntut Ganti Rugi Lahan, Puluhan Warga Sumedang Blokir Ruas Tol Cisumdawu KM 178!

Jokowi menyebut jalan tol sepanjang 62 km itu menghabis dana sebesar Rp18,3 triliun. Dimana Rp9,07 triliun berasal dwri APBN dan sisanya dari Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU). 

Ia berharap dengan adanya Tol Cisumdawu akan mempernudah konektifitas ke Bandara Kertajati di Majalengka. 

Jokowi mengungkap, pemerintah Indonesia tadinya memulai pembangunan Bandara Kertajati berbarengan dengan Tol Cisumdawu. Sehingga kedua proyek itu juga bisa selesai bersamaan dan Bandara Kertajati akan ditopang aksesnya oleh Tol Cisumdawu. 

"Tapi karena ada masalah pembebasan lahan, akhirnya Bandara Kertajati yang selesai duluan," ujar Jokowi. 

Baca Juga: Bandara Kertajati Layani Penerbangan Air Asia Bandung-Kuala Lumpur Mulai 17 Mei 2023

Ia menyebut Bandara Kertajati sebagai bandara masa depan. Dengan diresmikannya Tol Cisumdawu, Bandara Kertajati juga akan beroperasi penuh pada Oktober 2023. 

Saat ini Bandara Kertajati sudah melayani penerbangan komersial dari sejumlah maskapai dan penerbangan haji. 


 

"Kertajati bandara masa depan kita. Banyak negara luar yang ingin menjadi partner Kertajati. Baik untuk operasional maupun untuk meningkatkan traffic penerbangan. Kalau negara masuk, artinya Kertajati ada sesuatu. Ini akan menjadi bandara masa depan kita," tuturnya. 

Turut hadir dalam peresmian Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menhub Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, dan pengusaha Jusuf Hamka.

Baca Juga: Viral Pengendara Lewati Gerbang Tol Dikira Tak Bayar, Ternyata Pakai Aplikasi Flo, Ini Cara Pakainya

"Dengan mengucap Bismillahirahmanirrahim, pagi ini saya resmikan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat," ucap Jokowi. 

Ia kemudian melakukan seremoni tap in kartu elektronik tol dan menandatangani prasasti peresmian tol. Bersama rombongan, Jokowi kemudian meninjau twin tunnel Tol Cisumdawu.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x