Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Netizen Keluhkan Pendaftaran Uji Coba LRT Jabodebek, Manajemen Janji Evaluasi

Kompas.tv - 12 Juli 2023, 05:30 WIB
netizen-keluhkan-pendaftaran-uji-coba-lrt-jabodebek-manajemen-janji-evaluasi
Depo LRT Jabodebek di Kecamatan Bekasi Timur, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. LRT Jabodebek akan mengevaluasi skema uji coba dan berupaya memperpanjang periode uji coba moda transportasi itu. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kehadiran LRT Jabodebek sepertinya sangat dinantikan masyarakat. Ini terlihat dari antusiasme warga mengikuti uji coba LRT Jabodebek yang akan digelar mulai hari ini, Rabu (12/7/2023). 

Pendaftaran uji coba dibuka pada Senin (10/7) dengan link pendaftaran di media sosial (medsos) LRT Jabodebek. Tetapi, warga banyak yang kecewa karena pendaftaran sudah ditutup karena alasan kuota penuh, hanya beberapa jam setelah dibuka. 

Di kolom komentar Instagram dan Twitter LRT Jabodebek, mereka mengutarakan kekesalannya karena sudah menunggu link pendaftaran sejak Senin pagi. Mereka juga mengkritik form pendaftaran yang menggunakan Google Form dan membuat LRT Jabodebek terkesan tidak siap. 

Netizen pun ramai membandingkan uji coba LRT Jabodebek dengan MRT Jakarta, yang mereka nilai lebih baik. 

Baca Juga: LRT Jabodebek Beroperasi Tanpa Masinis, Hanya Ada 2 Petugas Ini di dalam Kereta

"Sayang sekali.. sekelas LRT Jabodebek pendaftarannya pakai Googleform.. Mending kerjasama sama loket.com atau tiket.com atau yang bisa langsung verifikasi pilih rute dan jam. Sehingga admin tidak perlu konfirmasi. Baru itu namanya war tiket. Kalau ini melalui Googleform bukan war tiket tetapi undian. Dan entah kapan diversifikasinya?" tulis akun @walking.around.id di Instagram @lrt_jabodebek. 

"Kenapa g kaya MRT aja, yang g Ribet. Tinggal Antri di sana aja, g perlu daftar ini itu," kata @muhammad_fuad_moeslim. 

"Dih belum daftar udah ditutup aja. Lagian repot kan pakai Google form. Mending kerjasama sama e commerce kayak MRT sama Bukalapak dulu. Jadi lebih rapi," ujar @afiff02. 

"Sebetulnya uji coba ini bisa jadi kesempatan buat I survei pola perjalanan sebelum mulai operasi penuh. Saran saja, daripada dipilihkan jadwalnya, apa tidak lebih baik pendaftar memilih sendiri jadwal keretanya? Tinggal di set aja kuota tiap jadwal kereta kalau takut terlalu membludak. Terus penumpang bisa milih mau naik dan turun dari stasiun mana. Kan enak ya kalau gini, data pola perjalanan dapat buat bahan evaluasi tapi masyarakat juga happy bisa uji coba. Tolonglah dipertimbangkan lagi ini Bapak/Ibu yang diatas, repot sedikit aja toh ini paling," tutur @rizkiidarma. 


Baca Juga: Link Pendaftaran Uji Coba LRT Jabodebek Tarif Rp1, Simak Rute dan Persyaratannya

Menanggapi keluhan masyarakat, Kepala Divisi LRT Jabodebek PT KAI, M Purnomosidi mengatakan, pihaknya akan mengevaluasi proses pendaftaran uji coba ini. 

LRT Jabodebek juga akan berupaya memperpanjang masa uji coba LRT Jabodebek. Menurut rencana, uji coba ini akan berlangsung hingga 17 Agustus 2023. 

"Insya Allah akan diperpanjang. Kami lagi upayakan," kata Purnomosidi saat dikonfirmasi Kompas TV, Selasa (11/7).

"Masih dalam tahap evaluasi tentang kemungkinan perpanjangan," tambahnya. 

 

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x