Kompas TV nasional peristiwa

Kapolri: Polri Siap Proses jika Ada Tindak Pidana pada Gangguan Pusat Data Nasional

Kompas.tv - 23 Juni 2024, 00:05 WIB
kapolri-polri-siap-proses-jika-ada-tindak-pidana-pada-gangguan-pusat-data-nasional
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menghadiri secara langsung kegiatan bakti kesehatan dan bakti sosial di Jawa Timur, Kamis (28/12/2023). (Sumber: Dokumentasi Polri )
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA,  KOMPAS.TV – Polisi akan memproses hukum jika menemukan adanya tindak pidana terkait gangguan pada server Pusat Data Nasional (PDN) Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo).

Penjelasan itu disampaikan oleh Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo kepada wartawan di Lapangan Bhayangkara, Jakarta, Sabtu (22/6/2024).

Ia mengatakan pihaknya akan berkoordinasi dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) terkait gangguan pada server PDN tersebut.

"Saya kira terkait dengan hal-hal yang bersifat serangan siber, kita kerja sama dengan BSSN untuk melakukan semacam asesmen, research," kata Sigit, dikutip Tribunnews.com.

Baca Juga: Server Pusat Data Nasional Gangguan, Penumpang Menumpuk di Pemeriksaan Imigrasi Soetta

Jika kemudian ditemukan adanya tindak pidana dalam terganggunya PDN Kominfo, pihaknya akan memroses secara hukum.

"Nanti apabila ditemukan, maka kemudian peristiwa pidana diproses oleh kepolisian," ucap dia.

Diketahui, Pusat Data Nasional (PDN) mengalami gangguan diduga akibat serangan hacker sejak Kamis (20/6/2024) yang berimbas ke sejumlah layanan publik salah satunya layanan Imigrasi.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM RI Silmy Karim. Beberapa layanan imigrasi yang terdampak adalah tempat pemeriksaan imigrasi pada bandar udara dan pelabuhan serta beberapa layanan teknis lain, seperti kantor unit layanan paspor.

Pihaknya, kata Silmy, tengah melakukan upaya pemulihan aplikasi dan data.



Sumber : tribunnews.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x