Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Mulai 3 Agustus, Garuda Indonesia Buka Penerbangan Umrah Langsung Dari 5 Kota Ini

Kompas.tv - 25 Juli 2023, 21:03 WIB
mulai-3-agustus-garuda-indonesia-buka-penerbangan-umrah-langsung-dari-5-kota-ini
Garuda Indonesia membuka penerbangan langsung dari 5 kota di Indonesia, menuju Jeddah dan Madinah yang masuk dalam rute jaringan umrah. (Sumber: Dok. Garuda Indonesia )
Penulis : Dina Karina | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV- Garuda Indonesia membuka penerbangan langsung dari 5 kota di Indonesia.

Tujuannya menuju Jeddah dan Madinah yang masuk dalam rute jaringan umrah.

Layanan itu akan dimulai pada 3 Agustus 2023, di mana jemaah umrah bisa menumpangi pesawat Garuda langsung dari Yogyakarta, Makassar, Surabaya, Banda Aceh, dan Kertajati (Majalengka). 

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, perluasan layanan penerbangan itu untuk menjembatani kebutuhan layanan penerbangan yang aman dan nyaman bagi masyarakat yang ingin menjalankan umrah.

Mengingat Indonesia sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak di dunia. 

Baca Juga: Mulai Hari Ini, Tiket Pesawat Diskon hingga 80 Persen di Garuda Indonesia Online Travel Fair

“Perluasan rute penerbangan langsung menuju Jeddah dan Madinah dari 5 kota di tahun 2023 ini menjadi refleksi optimisme Garuda terhadap peluang layanan penerbangan umrah yang tumbuh signifikan, khususnya di tengah animo masyarakat untuk segera berangkat menuju Tanah Suci pada fase endemi saat ini," kata Irfan dalam keterangan tertulisnya, dilihat pada Selasa (25/7/2023). 

Ia mengatakan, layanan ini diharapkan memberikan nilai tambah bagi para calon jemaah terutama dari aspek waktu yang tentunya lebih efisien, karena dapat terbang langsung menuju Tanah Suci tanpa harus transit di Jakarta.

Baca Juga: Jokowi Sebut Kertajati Bandara Masa Depan, dari Bandung Lewat Tol Cisumdawu cuma 1 Jam

Adapun pengoperasian layanan penerbangan ke Tanah Suci ini akan dilaksanakan secara bertahap yang dimulai dari pengoperasian penerbangan Banda Aceh – Jeddah pp pada tanggal 3 Agustus dan akan beroperasi sebanyak 1x/2 minggu.

Kemudian pengoperasian penerbangan Kertajati-Jeddah pp pada 6 Agustus 2023 akan beroperasi sebanyak 1x/minggu.

Lalu rute Makassar – Jeddah pp 8 Agustus 2023 dan akan beroperasi sebanyak 2x/minggu. 

Selanjutnya penerbangan Yogyakarta – Jeddah pp mulai 12 Agustus yang akan dilayani sebanyak 1x/minggu, penerbangan Banda Aceh – Madinah pp mulai 14 Agustus yang akan dilayani sebanyak 1x/2 mingg serta.

Lalu rute Surabaya-Jeddah pp via Banda Aceh akan beroperasi sebanyak 2x1 minggu mulai September mendatang.

Baca Juga: Jaga Pasokan LPG 3 Kg Aman, Pertamina Gelar Operasi Pasar hingga Gandeng Penegak Hukum

Upaya Garuda mengoptimalkan jaringan penerbangan menuju kawasan Timur Tengah pada tahun ini juga dilakukan melalui penambahan frekuensi penerbangan pada rute Jakarta – Jeddah pp.

Di sini menjadi sebanyak 16x/minggu dan Jakarta-Madinah sebanyak 7x/minggu, yang mulai dilaksanakan mulai Agustus mendatang. 

"Pada bulan September mendatang, Garuda Indonesia akan melayani 29 penerbangan untuk menuju ke Tanah Suci di mana jumlah ini meningkat sekitar 70 persen dibandingkan dengan layanan penerbangan umrah yang sebelumnya yang dilayani 17 kali setiap minggunya dari Jakarta," tutur Irfan. 



Sumber :



BERITA LAINNYA



Close Ads x