Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Jokowi Resmikan Tol Bocimi Ruas Cigombong-Cibadak, ke Gunung Gede-Pelabuhan Ratu hanya 2,5 Jam

Kompas.tv - 4 Agustus 2023, 10:11 WIB
jokowi-resmikan-tol-bocimi-ruas-cigombong-cibadak-ke-gunung-gede-pelabuhan-ratu-hanya-2-5-jam
Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) ruas Cigombong-Cibadak, Jawa Barat, pada Jumat (4/8/2023). (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

SUKABUMI, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) ruas Cigombong-Cibadak, Jawa Barat, pada Jumat (4/8/2023). Presiden mengatakan, ruas tol in akan membuat waktu tempuh dari Jakarta ke Sukabumi menjadi hanya 2,5 jam, dari sebelumnya 5-6 jam. 

"Alhamdulillah hari ini Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 km sudah selesai dan siap dioperasikan," kata Jokowi dalam acara peresmian di Gerbang Tol Parungkuda. 

Jokowi menyampaikan, pembangunan ruas tersebut menghabiskan dana Rp3,2 triliun. 

Baca Juga: LRT Jabodebek Belum Sampai Bogor, Jokowi: Baru Tahap Pertama, Mestinya Enggak Hanya Sampai Cibubur

"Kita harapkan dengan selesainya ruas jalan ini, nanti kalau kita ke Pelabuhan Ratu, Ciletuh, Ujung Genteng, Gunung Gede, yang sebelumnya dari Jakarta ke Sukabumi bisa 5 sampai 6 jam, sekarang dengan adanya jalan tol ini hanya 2,5 jam," ujar Jokowi seperti dilihat di Breaking News Kompas TV

Ia juga menyebut keberadaan jalan tol ini mempercepat mobilitas orang dan barang. Kata Jokowi, Jawa Barat menjadi daerah favorit investor salah satunya karena infrastruktur jalan tol yang banyak dibangun. 

"Dan dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, pada hari ini saya resmikan Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak," ucapnya. 

Baca Juga: Jokowi ke Alumni LPDP: Meski Gaji di sini Lebih Sedikit, Fasilitas Kurang, Tetap Pulang

Sebelumnya, Tol Bocimi Seksi 2 Cigombong-Cibadak sudah dibuka sebagai tol fungsional untuk arus mudik dan arus balik 2023. 

Tol Bocimi seksi 2 Cigombong-Cibadak saat itu dibuka mulai 15 April 2023, dengan jam operasional pukul 07.00 sampai 17.00 WIB. Karena masih fungsional, hanya kendaraan golongan I seperti sedan, minibus dan jeep yang boleh melintas. 


Pembangunan Tol Bocimi akan dilanjutkan ke seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat (Cibolang) dan seksi 4 Sukabumi-Sukabumi Timur.

Baca Juga: 80 Persen Formasi Rekrutmen ASN 2023 adalah Guru dan Tenaga Kesehatan

Jika sudah beroperasi secara keseluruhan, Tol Bocimi akan membentang sepanjang 54 km. Investasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya sebesar Rp7,7 triliun dan digarap oleh PT Waskita Karya Tbk sebagai induk usaha PT PT Trans Jabar Tol.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x