Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Besok Jokowi Jajal Kereta Cepat, KCIC: Uji Coba Lancar-Bangunan Aman Pasca Kebakaran Stasiun Halim

Kompas.tv - 12 September 2023, 10:02 WIB
besok-jokowi-jajal-kereta-cepat-kcic-uji-coba-lancar-bangunan-aman-pasca-kebakaran-stasiun-halim
Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyatakan uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) tetap berjalan, pasca kebakaran yang terjadi di atap Stasiun Halim pada Senin (11/9/2023) dini hari. (Sumber: AP Photo/Dita Alangkara)
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Jokowi direncanakan menjajal kereta cepat Jakarta-Bandung pada besok Rabu (13/9/2023). Hal itu disampaikan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

"Sebelum beroperasi pada 1 Oktober 2023, Bapak Presiden Joko Widodo akan mencoba kereta cepat pada 13 September," ucap Budi Karya dalam keterangan resminya, Minggu (10/9).

Meski pun ada kejadian terbakarnya atap stasiun Halim pada Senin (11/9/2023), tidak menghalang laju kereta ini.

Pihak Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) menyatakan uji coba kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) tetap berjalan sesuai rencana pada Senin kemarin. 

Corporate Secretary PT KCIC Eva Chairunisa mengatakan, uji coba kereta cepat tetap dilakukan meski ada insiden kebakaran. Yaitu dari Stasiun Tegalluar hingga ke Halim dan sebaliknya sesuai jadwal. Uji coba pun berjalan lancar. 

"Seluruh sarana dan prasarana KA Cepat dari Tegalluar hingga ke Halim tetap dapat beroperasi sesuai jadwal uji coba yang telah ditetapkan dan berlangsung aman tanpa kendala," kata Eva dalam siaran persnya, Senin (11/9).

Baca Juga: Update Kebakaran Kantor Kereta Cepat Halim Perdanakusuma, Sumber Api Masih Diinvestigasi

Eva menegaskan, tidak ada kerusakan yang terjadi di area dalam maupun luar Stasiun Halim pasca kebakaran. 

"KCIC memastikan bahwa saat ini seluruh fungsi fasilitas stasiun juga dapat berfungsi dangan baik dan seluruh pegawai dapat menyelesaikan pekerjaan tanpa hambatan guna persiapan menuju operasional KA Cepat agar dapat dilakukan sesuai tahapan yang ditetapkan," tuturnya. 

KCIC juga telah berkordinasi dengan WIKA sebagai kontraktor dan Pemadam Kebakaran Jakarta Timur untuk melakukan penanganan dan situasi dapat dikendalikan dengan baik. 

Terbakarnya atap Stasiun Halim ini terjadi dua hari jelang uji coba Kereta Cepat Jakarta-Bandung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca Juga: Harga Beras Naik, Jokowi: Wajar, Negara Lain juga Naik dan Batasi Ekspor Beras

Adapun sejumlah aksesibilitas yang tengah dibangun menjelang beroperasinya KCJB yaitu :

- Stasiun Halim, Jakarta meliputi akses Jl. DI. Panjaitan tahap I dan II; akses jalan kawasan Stasiun Halim, dan akses exit Tol Halim 1+842 km beserta jalan penghubungnya.

Baca Juga: Polda Metro Hentikan Tilang Uji Emisi, Heru Budi: Ngikut Saja, Terserah Teman-Teman Polisi

- Stasiun Karawang, Jawa Barat (Stasiun antara) meliputi akses Jl. THK, akses Km.42+00, dan akses jalan kawasan.

- Stasiun Padalarang, Jawa Barat (stasiun antara dan stasiun kereta feeder KCJB menuju Stasiun Bandung) meliputi akses masuk stasiun dan tol; jalan kabupaten tol pada ruas Gedonglima dan Panaris; jalan provinsi ruas Padalarang-Cisarua; jalan nasional Padalarang; dan rencana akses jalan dari Kota Baru Parahyangan.


- Stasiun Tegalluar, Jawa Barat (stasiun akhir) meliputi akses Km 151; dropzone Tegalluar; akses Stasiun Cimekar - Stasiun KCJB Tegalluar; jembatan Cibiru Bandung.



Sumber :



BERITA LAINNYA



Close Ads x