Kompas TV ekonomi keuangan

Wajib Pajak Harus Tahu, Ini Cara Lapor SPT 2024 Mudah Secara Online, Bisa lewat HP

Kompas.tv - 25 Januari 2024, 11:51 WIB
wajib-pajak-harus-tahu-ini-cara-lapor-spt-2024-mudah-secara-online-bisa-lewat-hp
Ilustrasi pelaporan SPT lewat e-Filing (Sumber: Direktorat Jenderal Pajak Kemenkeu)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Memasuki akhir bulan Januari 2024, para wajib pajak harus melaporkan surat pemberitahuan (SPT) tahunan pajak 2023.

Pelaporan SPT Tahunan di tahun 2024 ini bisa dilakukan hingga paling lambar bulan Maret 2024.

Guna memudahkan pelaporan SPT, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan membuka layanan pelaporan secara online melalui website https://djponline.pajak.go.id/.

Namun sebelum bisa melaporkan SPT secara online, wajib pajak harus mempunyai electronic filing identification number (EFIN). 

EFIN merupakan 10 digit nomor identifikasi yang diterbitkan oleh DJP kepada wajib pajak dan bersifat sangat rahasia. 

EFIN ini berfungsi sebagai identitas wajib pajak ketika melakukan transaksi elektronik dengan DJP untuk kegiatan kewajiban perpajakan.

Bagi wajib pajak yang belum memiliki EFIN bisa mengajukan permohonan pembuatan EFIN ke alamat email kantor pajak terdekat dengan tempat tinggal atau domisili.

Selain itu, permohonan pembuatan EFIN juga bisa diajukan secara online. Berikut caranya:

Baca Juga: 3 Cara Cek NPWP Online di ereg.pajak.go.id, Bisa Lewat HP

Cara Mengajukan EFIN

1. Mengirimkan e-mail ke alamat kantor pajak "kpp.xxx@pajak.go.id" (tanpa tanda kutip). Alamat email kantor pajak lebih lengkapnya bisa dilihat di https://www.pajak.go.id/unit-kerja/.

2. Tulis "Permintaan EFIN" di bagian subjek e-mail. Kemudian di dalam badan email, cantumkan data pendukung, meliputi nama lengkap WP, NPWP, NIK, nomor HP, alamat e-mail aktif.

3. Lampirkan juga foto/scan KTP asli, foto/scan NPWP asli, selfie/swafoto memegang KTP dan NPWP asli dengan wajah terlihat jelas.

4. Apabila sudah lengkap, bisa langsung dikirim. Tunggu hingga nomor EFIN dikirimkan ke alamat e-mail WP yang telah tercantum tadi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x