Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Mulai H+2 Lebaran, Ancol Terapkan Kebijakan Sentral Parkir untuk Antisipasi Kemacetan

Kompas.tv - 29 Maret 2024, 15:39 WIB
mulai-h-2-lebaran-ancol-terapkan-kebijakan-sentral-parkir-untuk-antisipasi-kemacetan
PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk menyiapkan area parkir kendaraan yang lebih luas untuk mengantisipasi kemacetan saat libur Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dina Karina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk menyiapkan area parkir kendaraan yang lebih luas untuk mengantisipasi kemacetan saat libur Lebaran Idulfitri 1445 Hijriah.

Direktur Operasional PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Eddy Prastiyo mengatakan, manajemen Ancol Taman Impian juga akan menerapkan sistem sentral parkir.

Sehingga, pengunjung yang membawa kendaraan bermotor akan langsung diarahkan ke area kantong parkir yang telah disediakan.

Kebijakan sentral parkir akan diberlakukan mulai Lebaran hari kedua, ketiga dan keempat.

"Kami menyiapkan Sentral Parkir Pekan Lebaran dalam upaya meningkatkan kenyamanan serta kapasitas pengunjung khususnya di area pantai saat Pekan Libur Idulfitri," kata Eddy di Jakarta, Kamis (28/3/2024). 

Baca Juga: Libur Lebaran di Ancol, Ada Biota Laut Baru di Sea World hingga Ultraman Live Show di Dufan

"Kami menyediakan kantong parkir dengan kapasitas 8.500 mobil dan 19.700 motor," tanbahnya. 

Untuk berkeliling Ancol, ada 97 unit bus wira-wiri dan tiga rangkaian Kereta Sato-Sato yang bisa dimanfaatkan pengunjung secara gratis.

Ada juga fasilitas penunjang yang dapat digunakan oleh seluruh pengunjung antara lain satu masjid, sembilan musala, dan 23 toilet. Akan ditambahkan pula 17 toilet ekstra yang tersebar di seluruh kawasan taman dan pantai.

SVP Business Operations PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk Budi Aryanto menambahkan, kesiapan ini merupakan hasil evaluasi yang dilakukan usai pelaksanaan pekan wisata Lebaran 2023 dan pekan wisata Natal dan Tahun Baru 2023.

"Kami lakukan penambahan kapasitas parkir dan juga penambahan toilet untuk kenyamanan," ujar Budi seperti dikutip dari Antara

Baca Juga: Baleg DPR Usul Jakarta jadi Ibu Kota Legislatif, Puan: Peluang Revisi UU DKJ Kita Lihat Dulu

Dalam upaya menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung, Ancol juga akan menambah tenaga pengamanan gabungan yang terdiri dari kepolisian, TNI, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan, Dinas Kebakaran dan Petugas Operasional.

"Kawasan ini juga dilengkapi dengan delapan unit Pos Lifeguard, tujuh unit Pos Pengamanan, tujuh unit ambulans dan lima mobil derek," ucapnya. 

Ancol juga membuka tujuh pintu gerbang yang dimanfaatkan masyarakat yang ingin berlibur di Ancol. Selain itu, untuk pintu keluar, ada enam gerbang yang dipersiapkan. 

Untuk pengunjung bisa masuk dari pintu Stasiun Ancol bagi yang ingin naik kereta api dan Halte TransJakarta.

Mengutip pemberitaan Kompas.tv, bagi masyarakat yang ingin menghabiskan waktu menunggu momen buka puasa atau ngabuburit, bisa mengunjungi Ancol secara gratis. 



Sumber : Kompas.tv/Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x