Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Setelah Naikkan HET Beras, Bapanas Akan Evaluasi Harga Jagung, Telur Ayam, dan Daging Ayam Ras

Kompas.tv - 25 April 2024, 12:55 WIB
setelah-naikkan-het-beras-bapanas-akan-evaluasi-harga-jagung-telur-ayam-dan-daging-ayam-ras
Pemerintah melalui Badan Pangan Nasional (Bapanas) akan mengevaluasi Harga Acuan Pembelian di tingkat produsen (HAP tingkat produsen) dan Harga Acuan Penjualan di tingkat konsumen (HAP tingkat konsumen) pada komoditas jagung, telur ayam ras, dan daging ayam ras. (Sumber: KOMPAS/TOTOK WIJAYANTO )
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah melalui Badan Pangan Nasional (Bapanas) akan mengevaluasi Harga Acuan Pembelian di tingkat produsen (HAP tingkat produsen) dan Harga Acuan Penjualan di tingkat konsumen (HAP tingkat konsumen) pada komoditas jagung, telur ayam ras, dan daging ayam ras. 

Sebelumnya, Bapanas telah menaikkan Harga Eceran Tertinggi (HET) beras premium dan beras medium. 

Bapanas pun telah menggelar dialog dan diskusi seputar struktur ongkos (cost structure) usaha tani jagung, telur ayam ras, dan daging ayam ras dengan para pihak terkait pada Rabu (24/4/2024).

Diskusi itu juga untuk menampung masukan untuk pembahasan rencana perubahan Peraturan Badan Pangan Nasional (Perbadan) Nomor 5 Tahun 2022.

Baca Juga: Harga Bawang Merah Masih Tinggi Meski Lebaran Telah Usai, di Papua Capai Rp110.000 per Kg

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan evaluasi HAP tiga komoditas itu diharapkan bisa memberikan kestabilan pasokan dan harga mulai dari tingkat produsen sampai konsumen serta mendukung upaya peningkatan produktivitas petani dan peternak.

Dengan demikian, diharapkan akan selaras dengan arahan Presiden Joko Widodo. 

“Langkah penyesuaian nantinya kita harapkan dapat menciptakan stabilitas, terutama sebagai bagian dari pengendalian inflasi pangan. Kita ketahui, telur dan daging ayam ras termasuk komoditas penyebab inflasi di Maret ini," kata Arief di Jakarta, Rabu, dikutip dari laman resmi Bapanas. 

"Untuk itu, kami mengajak seluruh stakeholder pangan dapat bersinergi mendukung langkah pengendalian harga dan inflasi secara kontinyu,” tambahnya.

Baca Juga: Pemerintah Naikkan HET Beras Medium dari Rp10.900/Kg jadi Rp12.500/Kg



Sumber : KOMPAS TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x