Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Apa Alasan Microsoft Mau Investasi AI Rp 27 Triliun di Indonesia? Begini Penjelasannya

Kompas.tv - 2 Mei 2024, 18:50 WIB
apa-alasan-microsoft-mau-investasi-ai-rp-27-triliun-di-indonesia-begini-penjelasannya
CEO Microsoft Satya Nadella, kiri, berjabat tangan dengan Presiden Indonesia Joko Widodo saat pertemuan di Istana Merdeka di Jakarta, Indonesia, Selasa, 30 April 2024. Microsoft akan menginvestasikan $1,7 miliar selama empat tahun ke depan tahun dalam infrastruktur cloud dan AI baru di Indonesia (Sumber: Sekretariat Presiden / AP Photo)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV - CEO Microsoft, Satya Nadella membeberkan alasan kenapa pihaknya berkomitmen memberikan investasi senilai 1,7 miliar dollar AS atau sekitar Rp 27,6 triliun di Indonesia.

Nadella mengungkapkan, investasi tersebut dilakukan dalam rangka membangun infrastruktur kelas dunia untuk mendukung pemanfaatan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence atau AI) di Indonesia.

"Nantinya bisa memberdayakan semua organisasi di Indonesia, baik di sektor publik maupun swasta. Untuk membangun solusi AI yang akan memenuhi kebutuhan-kebutuhan yang ada," kata Nadella dikutip Kompas.com saat berkunjung ke Jakarta pada Selasa (30/4/2024) lalu.

Menurut Nadella, pengembangan teknologi AI sangat penting karena dapat memberikan manfaat kepada masyarakat dari berbagai lapisan, dan memberikan dampak positif terhadap ekonomi secara keseluruhan. 

Contohnya, eFishery di Indonesia menggunakan teknologi IoT Azure Microsoft, yakni untuk memantau kondisi kolam ikan dengan bantuan AI.

Sehingga memberikan solusi masalah dan saran peningkatan kepada petani. 

Selain itu, Universitas Terbuka juga telah menggunakan AI untuk membuat sistem penilaian esai mahasiswa guna meringankan tugas pengajar.

"Jadi itulah contoh-contoh bagaimana AI bisa diterapkan untuk menghasilkan dampak yang luas di seluruh negeri," tutur Nadella.

"Ini semua adalah hal-hal yang menurut saya akan memastikan bahwa AI bukan hanya tentang salah satu aspek ekonomi saja, melainkan berdampak pada ekonomi dan masyarakat secara luas," ucapnya.

Baca Juga: Jokowi Temui Bos Microsoft, Beri Investasi Rp 27,6 Triliun serta Sebut Akan Bangun Pusat Data dan AI




Sumber : Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x