Kompas TV ekonomi perbankan

Cara Gunakan QR Cross Border di Singapura, Malaysia, Thailand dengan myBCA

Kompas.tv - 26 Mei 2024, 07:22 WIB
cara-gunakan-qr-cross-border-di-singapura-malaysia-thailand-dengan-mybca
Ilustrasi. Pembayaran dengan kode QR di aplikasi MyBCA juga bisa digunakan saat bertransaksi di Singapura, Malaysia, dan Thailand. (Sumber: BCA)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pembayaran menggunakan kode Quick Response (QR code) menjadi salah satu metode pembayaran yang praktis untuk berbagai jenis transaksi. Berbagai merchant sudah memanfaatkan sistem pembayaran tersebut untuk menerima pembayaran.

Perluasan fitur QR juga sudah diimplementasikan di negara lain seperti Singapura, Malaysia dan Thailand. Sehingga, transaksi dengan QR dapat dilakukan di negara-negara tersebut menggunakan QR Cross Border.

Bagi nasabah BCA, bisa melakukan pembayaran menggunakan QR dari aplikasi myBCA saat melakukan transaksi di luar negeri. Berikut caranya:

Baca Juga: KUR BCA 2024: Syarat, Jenis, Suku Bunga, Limit, Jaminan dan Cara Ajukan Secara Online

QR Cross Border untuk Transaksi di Luar Negeri

Pembayaran atas transaksi di luar negeri dengan QR bisa langsung dilakukan menggunakan mata uang rupiah. Jadi, tidak perlu repot menghitung konversinya terlebih dahulu ke mata uang rupiah karena nominal transaksi dikonversikan otomatis sesuai dengan kurs Reuters BCA yang kompetitif.

"Transaksi pembayaran dengan fitur QRIS BCA di luar negeri diterima oleh merchant jika terdapat logo bank partner di tempat transaksi," tulis BCA di laman resminya, dikutip Sabtu (25/5/2024). 

Berikut ini beberapa negara yang sudah mengimplementasikan QR Cross Border:

1. Singapura

Jaringan QR Cross Border di Singapura terintegrasi melalui partner yaitu Network for Electronics Transfer (NETS).

Baca Juga: Bank BRI Kerja Sama dengan Pegadaian, Kini Bisa Beli-Jual Emas di Aplikasi BRImo

Transaksi di Singapura dengan fitur QRIS di myBCA bisa dilakukan di tempat yang menyediakan metode pembayaran QR dengan logo NETS atau logo SGQR + NETS.



Sumber :



BERITA LAINNYA



Close Ads x