Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Informasi Penyaluran Bantuan PKH Tahap Juni 2024, Bagaimana Cara Cek Siapa Saja Penerima Pakai HP?

Kompas.tv - 10 Juni 2024, 11:12 WIB
informasi-penyaluran-bantuan-pkh-tahap-juni-2024-bagaimana-cara-cek-siapa-saja-penerima-pakai-hp
Simak cara daftar bansos PKH tahap 2 dan cara cek nama penerima bantuan sosial tunai dengan login cekbansos.kemensos.go.id (Sumber: Website dtks.kemensos.go.id)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Masyarakat kurang mampu tentunya menantikan pencairan Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) pada tahap 2 di bulan Juni ini. Pencairan bantuan sosial ini sangat dinanti, terutama menjelang Hari Raya Iduladha.

Bagi keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdiri dari beberapa anggota, bantuan PKH menjadi tambahan sumber pendapatan tambahan yang dibutuhkan. Penyaluran PKH tahap 2 yang mencakup bulan April, Mei, dan Juni akan segera direalisasikan.

Untuk mengetahui status dan proses penyaluran PKH tahap 2, Anda dapat mengeceknya melalui situs cekbansos.kemensos.go.id. Situs ini dapat diakses melalui ponsel atau perangkat lain yang terhubung ke internet.

Langkah-langkah yang perlu diikuti adalah membuka situs tersebut, memasukkan data diri sesuai dengan KTP, menginput kode verifikasi, lalu menekan tombol "Cari Data".

Baca Juga: Cara Daftar PKH dan Cek Pencairan Juni 2024 lewat HP di cekbansos.kemensos.go.id

Jika nama Anda tercantum sebagai penerima PKH 2024, informasi tentang jadwal dan status pencairan akan muncul bersama dengan keterangan apakah dana sudah diproses atau belum.

Adapun besaran bantuan PKH yang diterima setiap KPM bervariasi sesuai dengan kategori penerima, antara lain ibu hamil/nifas, anak usia dini, siswa, penyandang disabilitas berat, dan lanjut usia.

Untuk ibu hamil/nifas, bantuan PKH yang diterima sebesar Rp3 juta per tahapan. Sementara itu, anak usia dini 0-6 tahun juga mendapatkan bantuan senilai Rp3 juta.

Adapun siswa penerima PKH mendapat bantuan sesuai jenjang pendidikan, yaitu Rp225 ribu untuk SD/sederajat, Rp375 ribu untuk SMP/sederajat, dan Rp500 ribu untuk SMA/sederajat.

Tidak ketinggalan, penyandang disabilitas berat dan lanjut usia akan menerima bantuan PKH sebesar Rp600 ribu per tahapan.

Baca Juga: Hasto PDIP Sebut Pemikiran Bung Karno Kian Ditinggalkan: Rakyat Jadi Objek Elektoral Lewat Bansos

Dengan adanya informasi ini, diharapkan KPM dapat mempersiapkan diri dengan optimal dalam menerima bantuan PKH tahap 2 di bulan Juni.

Bantuan sosial ini diharapkan dapat meringankan beban ekonomi masyarakat kurang mampu dan membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x