Kompas TV ekonomi energi

Harga Pertalite dan Solar Dipastikan Tidak Naik Juli 2024, Pertamax hingga BBM Nonsubsidi?

Kompas.tv - 1 Juli 2024, 07:20 WIB
harga-pertalite-dan-solar-dipastikan-tidak-naik-juli-2024-pertamax-hingga-bbm-nonsubsidi
Pertamina Patra Niaga menaruh perhatian lebih pada kenyamanan konsumen salah satunya dengan program peremajaan totem, toilet dan musholla di SPBU. (Sumber: Humas Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagsel )
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengonfirmasi bahwa harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi Pertalite dan Solar akan tetap stabil pada bulan Juli 2024. Informasi ini disampaikan oleh Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi.

"Pertalite yang termasuk Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP) belum akan disesuaikan, begitu juga dengan Solar," ujar Agus sebagaimana dikutip dari Antara, Minggu (30/6/2024).

Namun, ia menambahkan bahwa kemungkinan penyesuaian harga masih ada untuk BBM nonsubsidi seperti Pertamax dan variannya.

Mengenai BBM nonsubsidi, Agus menjelaskan bahwa harga Pertamax series dan Dex series ditetapkan oleh badan usaha, selama masih dalam kisaran harga yang ditentukan. Hingga saat ini, belum ada keputusan pasti mengenai penyesuaian harga untuk BBM nonsubsidi tersebut.

Baca Juga: Apa Kata PJR dan Jasa Marga soal Kebakaran Truk Tangki BBM di Tol Ngawi KM 579?

Agus juga menyoroti faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan harga BBM. Menurutnya, Harga Minyak Mentah Indonesia atau Indonesia Crude Oil Price (ICP) cenderung stagnan.

Namun, ia mengakui adanya tekanan dari nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) terhadap rupiah.

Data terkini menunjukkan bahwa nilai tukar dolar AS berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia (BI) per 27 Juni 2024 berada di level Rp16.324. Sementara itu, ICP pada tanggal yang sama tercatat di level 79,12 dolar AS per barel.

Sementara itu, PT Pertamina Patra Niaga, anak perusahaan Pertamina yang menangani distribusi BBM, sedang melakukan evaluasi terkait kemungkinan penyesuaian harga BBM nonsubsidi untuk Juli 2024.

"Ini yang sedang kami tinjau," jelas Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting.

Baca Juga: Harga BBM dan Listrik Bakal Naik pada Juli 2024? Begini Kata Menteri ESDM

Terkait kelanjutan kebijakan harga BBM subsidi dan nonsubsidi pada Juli 2024, Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan bahwa hal tersebut akan dibahas bersama Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Namun, hingga Jumat (28/6), Arifin menegaskan bahwa belum ada keputusan final mengenai kemungkinan kenaikan harga BBM nonsubsidi pada Juli 2024.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x