Kompas TV entertainment musik

Kisah Lagu Lawas Bimbo Buat Pemimpin Rusia dan Amerika tentang Ancaman Perang Dunia III

Kompas.tv - 9 Maret 2022, 10:59 WIB
kisah-lagu-lawas-bimbo-buat-pemimpin-rusia-dan-amerika-tentang-ancaman-perang-dunia-iii
Musisi Trio Bimbo, Sam (tengah), Acil (kiri), dan Jaka (kanan) berpose saat menghadiri Malam Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2019 di Jakarta, Rabu (27/11/2019). Trio Bimbo bersama Iin Parlina berhasil meraih penghargaan khusus legenda musik Indonesia dalam AMI 2019.(ANTARA FOTO/APRILLIO AKBAR)
Penulis : Iman Firdaus | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketika perang dingin antara blok Barat dan Timur sedang terjadi (sekitar tahun 1960-1990), dunia berada dalam dua kekuatan. Blok Barat dipimpin oleh Amerika Serikat dan blok Timur oleh Uni Sovyet (kini Rusia). 

Dampak dari perang dingin itu berpengaruh terhadap Indonesia, yang memilih nonblok (tidak masuk dalam satu dari dua kekuatan itu). 

Namun, kala itu, kekhawatiran terjadinya perang dunia III oleh dua kekuatan itu menjadi perbincangan masyarakat. Sebab kedua adidaya itu memiliki senjata nuklir yang sangat mematikan.

Grup Musik Bimbo yang terdiri atas Acil, Jaka dan Sam, tergerak untuk membuat lagu yang isinya meminta kepada dua pemimpin itu agar berdamai.

Lagu yang diberi judul "Surat Buat Tuan Reagen dan Tuan Breznev" dirilis pada tahun 1982 dan mendapatkan apresiasi dari masyarakat.

Yang Mulia, tuan Reagen dan tuan Brezhnev
Diri anda berdua orang tua terhebat di dunia
Dan hanya dengan satu kata dari anda berdua
Dunia bisa berobah, 

Demikian petikan awal lirik lagu tersebut. Tuan Reagen mengacu pada Presiden Amerika Serikat Ronald Reagen dan Brezhnev mengacu kepada pemimpin tertinggi Uni Sovyet Leonid Breznev.

Kala itu, keduanya dianggap sebagai orang paling berkuasa di dunia. 

Baca Juga: Ukraina Tuding Jet Tempur Rusia Bom Pemukiman, Relawan Oposisi Belarus Angkat Senjata Bela Ukraina

Bimbo meneruskan liriknya 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x