Kompas TV entertainment selebriti

Troy Kotsur, Aktor Pria Tunarungu Pertama Pemenang Piala Oscar 2022

Kompas.tv - 30 Maret 2022, 16:01 WIB
troy-kotsur-aktor-pria-tunarungu-pertama-pemenang-piala-oscar-2022
Troy Kotsur, Pria Tuli Pertama Peraih Piala Oscar 2022 (Sumber: IMDB.com)
Penulis : Dian Septina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bintang film CODA Troy Kotsur mencetak sejarah dengan menjadi aktor pria tunarungu pertama memenangkan ajang piala Oscar.

Troy meraih penghargaan kategori Best Actor In a Supporting Role melalui aksinya dalam film musikal CODA di ajang Piala Oscar 2022.

Dalam pidato kemenangannya, Troy mengaku sangat bahagia. Troy Kotsur menyebut kemenangannya ini dipersembahkan untuk seluruh komunitas penyandang disabilitas di seluruh dunia.

"Terima kasih kepada panggung film yang menerima tunarungu seperti saya. Ini dedikasi untuk komunitas tuli, komunitas CODA, kita berhasil," kata Troy dikutip dari akun Twitter The Academy.

Baca Juga: Ini Pidato Will Smith Saat Terima Piala Oscar

Troy Kotsur lahir dari pasangan Jodee dan Len Kotsur di Mesa, Arizona, pada 24 Juli 1968. Ibu Kotsur menyadari bahwa dirinya tak bisa mendengar ketika dia berusia 9 bulan. Sejak itu orang tua dan saudara laki-lakinya belajar bahasa isyarat Amerika untuk berkomunikasi dengannya.

Sebagai informasi, film CODA pertama kali tayang pada 28 Januari 2021 di Festival Film Sundace di hari pembukaan. Film ini kemudian dirilis di Apple TV+ pada Agustus 2021.

Dalam menggarap film ini, sutradara Sian Hader dibantu dua tunarungu, yakni Alexandria Wailes dan Anne Tomasetti.

Baca Juga: Will Smith Menangis hingga Minta Maaf di Oscar 2022, Buntut Penamparan Chris Rock

 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x