Kompas TV entertainment musik

Besok Main di WTF Jakarta, The 1975 Tuai Kecaman di Malaysia karena Ciuman Gay saat Tampil

Kompas.tv - 22 Juli 2023, 19:43 WIB
besok-main-di-wtf-jakarta-the-1975-tuai-kecaman-di-malaysia-karena-ciuman-gay-saat-tampil
Vokalis The 1975, Matty Healy, saat hendak mencium basis Ross MacDonald di panggung Good Vibes Festival 2023 di Malaysia, Jumat (21/7/2023). (Sumber: Twitter @PopCrave)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

KUALA LUMPUR, KOMPAS.TV - Aksi panggung The 1975, band pop/rock asal Manchester, Inggris, menuai kecaman di Malaysia.

Aksi kontroversial yang dilakukan vokalis Matty Healy dan basis Ross MacDonald dilakukan hanya dua hari sebelum The 1975 manggung di acara We The Fest di Jakarta, Minggu (23/7/2023) besok.

Ketika tampil di acara Good Vibes Festival di Kuala Lumpur, Jumat (21/7/2023), Healy menyempatkan diri untuk mengkritik hukum LGBT di Malaysia.

Ia pun kemudian mencium MacDonald di atas panggung, diyakini sebagai bentuk dukungan kepada LGBT.

Kejadian tersebut pun membuat warga hingga pemerintah Malaysia bereaksi. Potongan video Healy mencium MacDonald viral di media sosial dan menuai berbagai kecaman.

Baca Juga: The Strokes hingga The 1975 akan Hadir di We The Fest 21-23 Juli, Intip Kisaran Harga Tiketnya

Pemerintah Malaysia kemudian langsung membatalkan sisa acara Good Vibes Festival 2023. Pihak penyelenggara menyebut konser pada Sabtu (22/7) dan Minggu (23/7) dibatalkan atas arahan pemerintah.

"Kami sayangnya harus mengumumkan bahwa sisa jadwal Good Vibes Festial 2023 (GVF2023), sedianya berlangsung hari ini dan besok, harus dibatalkan menyusul pernyataan dan tindakan kontroversial artis Inggris Raya, Matty Healy dari band The 1975," demikian pernyataan penyelenggara Good Vibes Festival melalui Instagram, Sabtu (22/7).

Pihak penyelenggara mengungkapkan pembatalan ini atas arahan Menteri Komunikasi dan Digital Malaysia. Pihak kementerian disebut tidak terima dengan sikap The 1975 yang "menantang, mencemooh, dan melanggar hukum Malaysia."

Hukum Malaysia sendiri diketahui melarang LGBT, mengancamkan hukuman pidana bagi pihak yang terbukti terlibat aktivitas seksual sesama jenis.

Setelah manggung di Malaysia, The 1975 sedianya akan tampil di We The Fest Jakarta pada Minggu besok.

Healy dan kawan-kawan dijadwalkan tampil pada hari ketiga dengan Hindia, Raisa, Jake Scott, hingga Alexander 23.

Baca Juga: Penyanyi Pop dan Jazz Legendaris Tony Bennett Meninggal Dunia di Usia 96 Tahun


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x