Kompas TV entertainment seni budaya

Daftar 10 Manga Terlaris Sepanjang Masa: One Piece Masih Teratas?

Kompas.tv - 11 Agustus 2023, 23:55 WIB
daftar-10-manga-terlaris-sepanjang-masa-one-piece-masih-teratas
Ilustrasi daftar manga terlaris sepanjang masa. (Sumber: CBR)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Manga telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya populer Jepang dan menyebar ke seluruh dunia. Beberapa di antaranya telah mencetak rekor sebagai manga terlaris sepanjang masa.

Dari kisah petualangan fantastis hingga drama emosional, berikut adalah daftar 10 manga terlaris yang wajib dibaca oleh para penggemar manga di seluruh dunia yang dilansir dari CBR. 

10 Manga Terlaris Sepanjang Masa

10. Oishinbo (Akira Hanasaski & Tetsu Kariya)

"Manga Oishinbo" adalah sebuah manga kuliner yang ditulis oleh Tetsu Kariya dan diilustrasikan oleh Akira Hanasaki.

Manga ini pertama kali diterbitkan di Jepang pada tahun 1983 dan telah menjadi salah satu karya yang terkenal dalam genre kuliner. Manga berdemografis seinen ini telah memiliki 111 volume dan terjual lebih dari 135 juta eksemplar. 

Oishinbo mengisahkan petualangan Yamaoka Shiro, seorang wartawan kuliner, dalam menjelajahi dunia makanan Jepang. Yamaoka bekerja untuk sebuah surat kabar dan dikirim untuk menyelidiki berbagai aspek makanan, mulai dari teknik memasak hingga sejarah makanan. Setiap volume dari manga ini berfokus pada topik tertentu, seperti jenis makanan atau gaya memasak yang berbeda.

9. Demon Slayer: Kimetsu No Yaidab (Koyoharu Gotouge)

Karya mangaka Koyoharu Gotouge ini secara merupakan karya terbaru sekaligus terpendek yang ada di daftar ini. Demon Slayer hanya memiliki 23 volume dan diteribitkan di Weekly Shonen Jump (WSJ) selama empat tahun (2016-2020). 

Kendati demikian, Demon Slayer telah terjual sebanyak 150 kopi lebih di seluruh penjuru dunia.

Manga ini menceritakan Tanjiro Kamado, seorang anak laki-laki yang menjadi pemburu iblis (Demon Slayer) setelah keluarganya dibantai oleh iblis, sementara adiknya Nezuko berubah menjadi iblis.

Baca Juga: Manga One Piece Bakal Libur Sebulan, Kembali Rilis 27 Juli 2022

Tanjiro bergabung dengan Korps Demon Slayer untuk melacak iblis yang bertanggung jawab atas tragedi keluarganya dan mencari cara untuk mengubah Nezuko kembali menjadi manusia.

8. KochiKame: Tokyo Beats Cops (Osamu Akimoto)

"Manga Kochira Katsushika-ku Kameari K en-mae Hashutsujo" atau yang lebih dikenal dengan "Kochikame" adalah sebuah manga komedi Jepang yang ditulis dan diilustrasikan oleh Osamu Akimoto.

Manga ini merupakan salah satu seri manga yang paling panjang dan bertahan lama dalam sejarah, dengan serialisasi mulai tahun 1976 hingga 2016 di majalah Weekly Shonen Jump. 

"Kochikame" mengisahkan keseharian dan petualangan seorang polisi bernama Kankichi Ryotsu yang bertugas di pos polisi di dekat Taman Kameari. Manga ini dikenal dengan humor slapstick, karakter yang khas, dan cerita-cerita yang konyol. Setiap bab memiliki plot yang mandiri, dan biasanya berpusat pada kejenakaan Ryotsu dan rekan-rekannya di kepolisian.

Dari 201 volume yang telah terbit, manga ini terjual sekitar 156.6 juta kopi. 

7. Slam Dunk (Takehiko Inoue)

Slam Dunk adalah sebuah manga olahraga yang ditulis dan diilustrasikan oleh Takehiko Inoue.

Manga ini pertama kali serialisasi di majalah Weekly Shonen Jump dari tahun 1990 hingga 1996 dan telah menjadi salah satu manga olahraga yang paling terkenal dan dihormati dalam budaya populer Jepang.

Manga ini mengisahkan tentang Hanamichi Sakuragi, murid kelas 1 SMA yang awalnya memiliki reputasi sebagai berandalan di sekolahnya.

Baca Juga: Profil Fujiko A. Fujio, Kreator Manga Ninja Hattori yang Meninggal Dunia

Suatu hari, setelah jatuh cinta pada seorang gadis, ia memutuskan untuk mencoba bergabung dengan tim bola basket sekolahnya demi mencuri hati gadis tersebut.

Meskipun awalnya tidak memiliki pengalaman dalam bermain bola basket, Sakuragi perlahan-lahan berkembang menjadi pemain yang hebat dan membantu membawa timnya menuju prestasi yang luar biasa.

Slam Dunk juga dikenal dengan penggambaran visual yang menakjubkan, terutama dalam adegan-adegan pertandingan yang dinamis. Ilustrasi yang detail dan ekspresif menghidupkan aksi dalam pertandingan dan menambahkan elemen dramatis dalam cerita.

Kendati hanya memiliki 31 volume, Slam Dunk diperkirakan telah terjual sebanyak 170 juta kopi. 

6. Naruto (Masashi Kishimoto) 

Karya mangaka Masashi Kishimoto ini pertama kali terbit di WSJ pada 1999 dan berakhir 2014 silam. 

Naruto merupakan salah satu manga paling populer di seluruh dunia. Sejak dibuat pertama kali, Naruto telah menerbitkan 72 volume dan diperkirakan terjual lebih dari 250 juta eksemplar. 




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x