Kompas TV entertainment film

4 Film Bertema Pahlawan yang Dapat Ditonton pada Hari Kemerdekaan Indonesia

Kompas.tv - 15 Agustus 2023, 10:14 WIB
4-film-bertema-pahlawan-yang-dapat-ditonton-pada-hari-kemerdekaan-indonesia
Potongan adegan dalam film Soekarno yang akan tayang di Netflix. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Almarani Anantar | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari Kemerdekaan Indonesia yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus akan segera tiba. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengenang jasa para pahlawan.

Selain mengikuti upacara bendera dan perlombaan 17-an, menonton film bertema kepahlawanan juga bisa jadi salah satu cara untuk mengingat kembali jasa para pahlawan.

Berikut 4 film rekomendasi bertema pahlawan yang dapat meningkatkan rasa nasionalisme di Hari Kemerdekaan Indonesia.

4 Film Bertema Pahlawan untuk Hari Kemerdekaan Indonesia

1. Soekarno (2013)

Poster film Soekarno (Sumber: IMDB.com)

Film garapan Hanung Bramantyo ini menceritakan tentang perjuangan Soekarno sebagai salah satu proklamator kemerdekaan Indonesia.

Film ini dibintangi antara lain oleh Ario Bayu sebagai Soekarno, Tika Bravani sebagai Fatmawati, Maudy Koesnaedi sebagai Inggit Garnasih, dan Lukman Sardi sebagai Mohammad Hatta.

Dalam film berdurasi 137 menit ini, Hanung juga mengupas sedikit tentang kisah cinta Soekarno. Selain kisah drama romansa, fokus cerita juga mengarah pada perjuangan Soekarno dalam memerdekakan Indonesia.

Baca Juga: Film Soekarno: Pengorbanan, Keberanian, Cinta dan Perjuangan untuk Indonesia

Film yang diriilis pada 11 Desember 2013 di seluruh bioskop Indonesia ini mendapatkan rating 6,9/10 versi IMDb.

Soekarno meraih empat penghargaan dalam Festival Film Indonesia 2014 yaitu Pemeran Pendukung Wanita Terbaik (Tika Bravani), Penata Busana Terbaik (Retno Ratih Damayanti), Pengarah Artistik Terbaik (Allan Sebastian), dan Penyunting Gambar Terbaik (Cessa David Lukmansyah dan Wawan I Wibowo).

2. Jenderal Soedirman (2015)

Poster film Jenderal Soedirman (Sumber: IMDb via Kompas.com)

Film ini mengisahkan perjuangan Jenderal Soedirman dalam memimpin perang gerilya saat menderita sakit paru-paru. Dalam film ini, kita dapat melihat besarnya tekad dan pengorbanan Soedirman dalam mengusir penjajah.

Jenderal Soedirman merupakan film biopik yang menceritakan perjuangan salah satu pahlawan indonesia, Jenderal Soedirman. Tidak seperti film biopik pada umumnya, Jenderal Soedirman tidak menceritakan sejarah kehidupan sang jenderal dari kecil hingga tua.

Pada film ini, cerita berfokus pada perjuangan Jenderal Soedirman dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Film garapan Viva Westi ini dibintangi oleh Adipati Dolken sebagai Jenderal Soedirman. Film yang dirilis pada 27 Agustus 2015 ini mendapatkan rating 8/10 di IMDb.

3. Kartini (2017)

Poster film Kartini (Sumber: IMDb via Kompas.com)


Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x