Kompas TV entertainment film

Poster Film Kiblat yang Tuai Kontroversi Lulus Sensor, Ini Penjelasan LSF

Kompas.tv - 26 Maret 2024, 04:30 WIB
poster-film-kiblat-yang-tuai-kontroversi-lulus-sensor-ini-penjelasan-lsf
Lembaga Sensor Film atau LSF menanggapi lolosnya poster film Kiblat. (Sumber: lsf.go.id)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menanggapi kontroversi seputar poster film Kiblat, Wakil Ketua Lembaga Sensor Film (LSF) Ervan Ismail menjelaskan, pemahaman dan anggapan masyarakat soal batasan dalam film yang berpotensi menjadi polemik, semakin berkembang.

"Iya sekarang yang jadi permasalahan tata cara beribadah dan dianggap menakut-nakuti beribadah," kata Ervan kepada Tribunnews.com, Senin (25/3/2024).

Baca Juga: LSF: Mendikbudristek yang Berwenang Tarik Poster Kontroversial Film Kiblat

"Kita akan lebih memperhatikan juga ke sana karena masyarakat kan berkembang yaa," terusnya.

Ervan melihat dinamika di masyarakat soal batasan dalam film terus berubah. Ia merasa hal itu harus diperhatikan juga oleh para pembuat film atau filmmaker dan rumah produksi.

"Dinamika di masyarakat itu yang hari ini bisa, mungkin bisa gak bisa. Yang hari ini wajar, besok mungkin gak wajar," jelasnya.

"Kita harus terus perhatikan itu," lanjut Ervan.

Sekadar informasi, LSF membenarkan bahwa trailer dan poster film Kiblat sudah lulus sensor. Hal itu dinilai karena pandangan LSF dan masyarakat soal kemungkinan penistaan agama, berbeda.

Baca Juga: Ketua MUI Buka Suara soal Poster Film Kiblat: Gambarnya Seram, kok Judulnya Kiblat ya?

Menyusul polemik di media sosial, pihak rumah produksi akhirnya menarik semua konten promosi film Kiblat.

Dalam poster film Kiblat yang beredar, tampak karakter yang mengenakan mukena atau telekung seperti sedang dalam posisi rukuk namun jika diperhatikan, badannya membungkuk ke belakang bukan ke depan. Sehingga seperti membelakangi arah kiblat.

Karakter itu juga digambarkan memiliki wajah yang menyeramkan.

"Film Kiblat secara utuh, sampai hari ini, belum ada surat tanda lulus sensor. Pernah masuk, produser Kiblat minta LSF meninjau. Dan setelah kami tinjau, film itu kami kembalikan, dengan catatan tertentu. Tapi belum dikembalikan ke kami lagi," tutur Ervan.

Ervan mengatakan LSF baru meloloskan trailer dan poster promosi film Kiblat.

"Ada dua yang lagi dibincangkan. Pertama, poster film Kiblat itu sendiri. Itu yang gambarnya ada seorang wanita seperti rukuk. Kedua adalah trailer, itu iklan film yang berisi potongan adegan dalam Kiblat itu sendiri," ungkapnya.

"Poin satu dan dua sudah ada tanda lulus sensor. Kalau satu dan dua itu kan terkait promosi. Itu diluncurkan PH (production house/rumah produksi) sebelum film itu ditayangkan. Sementara, filmnya sendiri sampai hari ini belum masuk ke LSF lagi," lanjutnya.

Film Kiblat dibintangi antara lain Yasmin Napper, Arbani Yasiz, Ria Ricis, dan Dennis Adhiswara. Menurut cuplikan trailernya, film ini rencananya akan tayang tahun ini.


 



Sumber : KOMPAS TV, Tribunnews.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x