Kompas TV entertainment lifestyle

Apa Rekomendasi Asupan Gizi yang Cocok Bagi 4 Jenis Hobi Ini? Ini Kata Pakar

Kompas.tv - 8 Juli 2020, 10:29 WIB
apa-rekomendasi-asupan-gizi-yang-cocok-bagi-4-jenis-hobi-ini-ini-kata-pakar
Ilustrasi hobi melukis (Sumber: Pixabay)
Penulis : Ade Indra Kusuma

KOMPASTV - Selama masa pandemi, banyak orang yang akhirnya kehilangan atau terbatas untuk melakukan beragam hobi yang mereka sukai. Misalnya seperti traveling ke kota lain, higga berburu street food yang sangat lezat.

PSBB menjadi faktor utama yang menyebabkan hal ini. Kemudian apakah saat memasuki era New Normal, hobi-hobi itu dapat kembali dilakukan? Ataukah butuh banyak penyesuaian?

Rachel Olsen, Nutrition Expert YOUVIT gummy multivitamin, membagikan 4 tips asupan gizi supaya hobi kamu selalu sehat.

Para pencinta kuliner wajib seimbangkan diet dengan whole food.

Orang yang suka mengeksplorasi kuliner, sedikit banyak akan menemui banyak pilihan makanan yang kurang sehat di luar. Hal sederhana yang bisa dilakukan menurut Rachel adalah menjaga porsi makan.

"Ajak teman supaya bisa berbagi porsi, lalu kedua yang paling penting adalah mengonsumsi lebih banyak whole food saat tidak sedang kulineran," seru Rachel dalam siaran pers yang diterima KompasTV, Rabu, (8/7/2020).

Contohnya seperti sayuran dan buah-buahan utuh, protein rendah lemak dan sumber prebiotik seperti tahu, tempe dan acar. Makanan ini bisa menyeimbangkan kebutuhan vitamin dan mineral harian dan juga memperlancar penyerapannya dalam tubuh.

Yang hobi traveling sebaiknya selalu bawa buah kemana-mana.

Bagi pecinta jalan-jalan, kemungkinan untuk dehidrasi sebenarnya akan lebih tinggi. Apalagi kalau tempat yang dikunjungi dalam satu hari beragam, pastinya gampang lapar juga.

Nah, salah satu tips mudah supaya terhindar dari resiko itu adalah dengan membawa buah yang tinggi kandungan air, seperti jeruk, semangka, belimbing dan stroberi.

"Selain bisa menjadi snack, buah itu juga dapat menggantikan cairan tubuh yang terbuang melalui keringat. Jangan lupa juga selalu bawa air mineral," imbuh Rachel.

Doyan olahraga? Seimbangkan konsumsi karbohidrat kompleks dan lean protein.

Aktifitas olahraga membutuhkan energi yang cukup tinggi. Oleh sebab itu, menurut Rachel penting untuk mengonsumsi karbohidrat kompleks sebelum berolahraga. Contohnya seperti nasi merah, kentang dan ubi.

Makanan ini bisa meningkatkan kadar glikogen yang penting untuk meningkatkan energi dan kekuatan otot saat berolahraga. Lean protein atau protein rendah lemak, bagus juga untuk pembentukan energi. Ini bisa didapatkan dari tahu, tempe, ayam dada dan putih telur.

Untuk seniman, perbanyak makanan untuk otak.

Hobi satu ini sangat berkaitan dengan mood atau suasana hati. Hal ini tentu saja memiliki kaitan kuat dengan fungsi otak.

Rachel memberikan saran untuk memperbanyak makanan yang bisa meningkatkan hormon serotonin (mempengaruhi kesenangan). Hormon ini 90 persen diproduksi di lambung. Makanan yang baik untuk ini adalah mangga, kurma, pisang dan kismis.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x