Kompas TV euro 2020 serba serbi

Jose Mourinho Sarankan Inggris Tak Mainkan Formasi 3 Bek Saat Lawan Denmark

Kompas.tv - 5 Juli 2021, 19:24 WIB
jose-mourinho-sarankan-inggris-tak-mainkan-formasi-3-bek-saat-lawan-denmark
Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate. (Sumber: thefa.com)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Fadhilah

LONDON, KOMPAS.TV - Pelatih AS Roma, Jose Mourinho, menyarankan pelatih tim nasional Inggris, Gareth Southgate, tidak menurunkan formasi 3 bek saat meladeni Denmark di semifinal Euro 2020.

Duel Inggris vs Denmark sendiri bakal tersaji di Stadion Wembley pada Kamis (8/7/2021) mulai pukul 02.00 WIB. 

Inggris melaju ke babak semifinal setelah menekuk Ukraina dengan skor telak 4-0. Sejauh ini, The Three Lions merupakan satu-satunya tim di Euro 2020 yang belum pernah kebobolan.

Di sisi lain, Denmark juga lolos dengan cara meyakinkan. Mereka berhasil menyudahi perlawanan Republik Ceko di babak perempat final dengan skor 2-1. 

Baca Juga: Sebut Faktor Kualitas Jadi Penentu, Arsene Wenger: Inggris akan Menuju Final Euro 2020

Mantan pelatih Chelsea dan Manchester United, Jose Mourinho berpendapat bahwa Southgate tidak perlu mengubah formasinya ke skema 3 bek. 

"Pertanyaan, apa perlu Inggris memainkan tiga bek seperti mereka lakukan saat menghadapi Jerman? Menurut saya tidak perlu," sebut Mourinho kepada talkSport.

"Empat bek mereka sangat solid. Luke Shaw bermain semakin bagus. Kyle Walker tengah menjalani turnamen yang luar biasa," sambungnya.

Menurut Mourinho, kedua bek tengah mereka sangat solid dan sudah lebih dari cukup untuk mengendalikan serangan Denmark.

"Lalu, Anda memiliki memiliki ruang untuk menentukan empat pemain kreatif tim," imbuh pelatih asal Portugal itu.

Mourinho juga berpendapat, sudah ada 8 pemain di skuad Inggris yang tidak perlu diganti. Lain itu, Inggris diminta Mourinho untuk mencetak gol cepat. 

"Walker, Maguire, Stones, dan Shaw sudah paten. Begitu juga dengan Phillips dan Rice, Sterling, serta Kane. Ada opsi lain yang masih terbuka," jelasnya. 

Baca Juga: Inggris Masuk Semifinal Euro 2020, Ini Tanggapan Supporter

"Sancho bermain apik, Foden sudah pernah diturunkan, sama seperti Mount, sementara Grealish sepertinya bukan pemain favorit Southgate. Tetapi Gealish selalu main bagus saat diturunkan. Ada banyak opsi untuk mereka," imbuh Mourinho.

Mourinho juga meyakini bahwa Inggris akan solid bermain di Wembley. "Saya yakin seperti biasanya tetapi mereka harus sesegera mungkin memenangkan laga," tutupnya.

Baca Juga: Jose Mourinho: Skuad Inggris di Euro 2020 Sangat Bagus, Mereka Harusnya Juara




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x