Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Getah Daun Kemangi Untuk Kulit Gatal - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 18 April 2022, 10:32 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Beredar informasi yang mengklaim getah daun kemangi bermanfaat untuk mengobati gatal-gatal di kulit. Informasi tersebut mengklaim daun kemangi cukup digosok-gosokkan ke kulit hingga keluar getahnya untuk mengobati gatal.

Klaim yang beredar adalah hoaks lama yang pernah beredar beberapa waktu lalu. Kalimat yang sama juga pernah beredar beberapa waktu lalu. Dan sudah dibantah oleh dokter Spesialis Kulit Dan Kelamin yang juga Dosen di Fakultas Kedokteran Universitas Mataram, Dedianto Hidayat. Ia menyatakan bahwa informasi yang beredar adalah tidak benar atau hoaks.

Dokter Dedi menyatakan daun kemangi mengandung berbagai zat atau ekstrak yang baik untuk kesehatan, terutama kesehatan kulit seperti antibakteri. Namun tidak serta merta dengan mengoleskan begitu saja, semua khasiat itu BIsa didapat.

Manfaat daun kemangi bisa diperoleh jika dikonsumsi secara langsung setelah dicuci bersih atau sebagai lalapan dan bisa juga dengan dioles setelah melalui proses pengekstrakan. Untuk memperoleh  ekstrak daun kemangi, umumnya dilakukan di laboratorium atau pabrik farmasi, bukan dengan cara digosokkan terus-menerus, hingga mengeluarkan getah tanaman. Ia mengingatkan, tindakan menggosokkan daun kemangi terus-menerus ke kulit secara langsung bisa menimbulkan iritasi pada kulit.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x