Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Benarkah Daging Sapi dan Kambing Tidak Boleh Dicuci? Ini Jawaban Ahli Gizi

Kompas.tv - 9 Juli 2022, 11:21 WIB
benarkah-daging-sapi-dan-kambing-tidak-boleh-dicuci-ini-jawaban-ahli-gizi
Penjual daging sedang mengasah pisau di pasar Lambaro, Aceh Besar, Aceh, Jumat (8/7/2022). Benarkah daging sapi dan kambing tidak boleh dicuci? (Sumber: ANTARA/Nurul Hasanah)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Saat hari raya Iduladha, masyarakat akan mendapatkan pasokan daging sapi dan kambing yang berlimpah.

Satu hal yang kerap dipertanyakan adalah benarkah daging sapi dan kambing tidak boleh dicuci?

Dokter spesialis gizi klinik RS Sari Asih Ciputat Tangerang Selatan, dr. Eleonora Mitaning Christy, mengimbau masyarakat untuk tidak mencuci daging sapi dan kambing.


Baca Juga: Idul Adha, IJTI Pengda Kalsel Akan Bagikan Daging Kurban Secara On The Road ke Kampung-kampung

Langkah sterilisasi yang dapat dilakukan adalah merebusnya selama 30 menit dalam suhu 70 derajat Celcius untuk memastikannya aman dari penyakit.

"Masyarakat agar tetap memilih sumber daging dan susu yang higienis sehingga terhindar dari penyakit," kata dr. Eleonora dalam keterangannya di Tangerang, dilansir Antara, Sabtu (9/7/2022).

Dinas Keamanan dan Pengawasan Pangan, Departemen Pertanian Amerika Serikat atau Food Safety and Inspection Service U.S. Department of Agriculture menyebutkan bahwa mencuci daging sebelum dimasak dapat menyebabkan kontaminasi silang.

Bakteri yang menempel pada daging dapat menyebar ke permukaan lain, seperti alat masak dan makan, meja dapur, hingga pakaian.

Kontaminasi silang ini menimbulkan dampak buruk, termasuk diare.




Sumber : Antara


BERITA LAINNYA



Close Ads x