Kompas TV feature news or hoax

Hoax Penampakan Masjid Di Atas Awan - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 2 Agustus 2022, 12:00 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Beberapa waktu lalu beredar unggahan video yang memperlihatkan penampakan sebuah Masjid di atas awan. Unggahan tersebut memperlihatkan Masjid di atas awan yang diklaim terjadi di Mataram Nusa Tenggara Barat.

Pada awal video terlihat sekumpulan orang berteriak dan mengarahkan kamera ke langit gambar kemudian beralih memperlihatkan sebuah Masjid di atas awan.

Hasil penelusuran menggunakan yandex menemukan bahwa video serupa pernah diunggah di instagram pada 16 Oktober 2021 lalu, video yang diunggah dan video yang dilihat pada akun instagram sama-sama diawali dengan gambar sekumpulan orang berteriak dan mengarahkan kamera ke langit, namun pada video di Instagram gambar beralih dan menunjukkan sosok perempuan transparan di atas awan, sedangkan video unggahan yang ramai beredar menunjukkan sebuah Masjid di atas awan.

Dari pengecekan lebih lanjut ditemukan bahwa bentuk bangunan yang diklaim sebagai Masjid di atas awan identik dengan foto bangunan Taj Mahal di India, video yang beredar merupakan video editan di mana dua video yang berbeda disatukan seolah-olah menjadi satu video.

Jadi, video yang memperlihatkan Masjid di atas awan yang terlihat di Mataram adalah informasi tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x