Kompas TV feature news or hoax

Gagal Ginjal Akut Pada Anak - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 25 Oktober 2022, 14:00 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Hingga Jumat 21 Oktober lalu, Kementerian Kesehatan mengumpulkan jumlah kasus ganjal akut pada anak anak di indonesia sebanyak 241 kasus, dan 133 diantaranya meninggal dunia. Hingga saat ini kementerian sosial masih belum menemukan penyebab dari gagal ginjal pada anak ini, namun sebagai langkah awal pemerintah telah melarang penggunaan obat sirup yang mengandung dietilen glikol dan etilon glikol yang merupakan obat obat yang sempat dikonsumsi oleh penderita gangguan ginjal di awal gejala penyakit ini.

Gejala gagal ginjal pada anak ini sama dengan gangguan ginjal akut lainnya, yaitu demam, batuk pilek, diikuti diare dan penurunan fungsi ginjal yang ditandai dengan intensitas buang air kecil yang menurun hingga semakin jarang atau tidak sama sekali, kejang dan badan membengkak.

Saat ini 241 kasus gagal ginjal sudah ditemudi 20 provinsi di indonesia, langkah langkah awal pencegahan terus diupayakan oleh pemerintah kemada pasyarakat. Dengan terus mengupayakan protokolkesehatan yang ketat, menjaga asupan minum pada anak, aupan air yang terbaik bagi anak anak adalah air putih, di minta anak anakmeminum air putih yangbanyak dan terus memantau buang air kecil pada anak.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x