Kompas TV feature news or hoax

Hoax Video Sapi Hanyut Di Blitar Akibat Banjir - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 1 November 2022, 14:00 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Sebuah video yang menampilkan ratusan sapi hanyut terbawa arus yang cukup deras sempat beredar, dengan keterangan narasi ratusan sapi yang hanyut tersebut berlokasi di blitar.

Namun setelah dicek kebenaran informasinya, narasi yang beredar adalah tidak benar atau hoaks. Video yang beredar merupakan peristiwa yang terjadi di meksiko, saat itu puluhan sapi hanyut setelah sungai zacualpan meluap. Sungai meluap karena badai trops hanna yang menyebabkan hujan lebat.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar Jawa Timur, Iyong Bettryanto menyatakan banjir yang terjadi di blitar disebabkan intensitas hujan yang tinggi, sehingga tidak beberapa wilayah tidak sanggup menampung debit air dan air akhirnya mengalir ke daerah di bawahnya

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar tidak memberikan tanggapan mengenai video ratusan sapi yang hanyut, karena kejadian tersebut tidak pernah ada di blitar. Jadi video ratusan sapi hanyut yang diklaim terjadi di blitar adalah informasi tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x