Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Tubuh Terbakar Saat Bermain Ponsel Dekat Kompor - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 6 Desember 2022, 10:00 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Sebuah video yang memperlihatkan kompor meledak dan menyebabkan tubuh seseorang yang bermain ponsel di kompor gas terbakar ramai menjadi pemberitaan. Tertulis judul pada narasi tubuh terbakar karena main hp deket kompor gas.Namun setelah dicek kebenaran informasinya, narasi dan keterangan pada video yang beredar adalah tidak benar atau hoaks.

Pada laman CNN Indonesia yang berjudul mengungkap mitos bahaya pakai hp dekat kompor menyatakan informasi tersebut telah dibantah oleh Peneliti Utama Elektromagnetik Desain LIPI, Harry arjadi. Ia menyatakan radiasi dari ponsel tidak menyebabkan kompor meledak. Adapun penyebab kompor gas meledak salah satunya dipicu oleh kebocoran gas, bukan karena bermain ponsel di dekat kompor.

Harry menyarankan jika dapur memiliki pintu tersendiri pemilik rumah harus selalu membuka pintu sirkulasi udara di dapur harus dijaga dengan baik artinya pintu dapur harus selalu terbukakalau terjadi kebocoran gas dan pintu dalam keadaan tertutup maka akan cepat meledak.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x