Kompas TV internasional kompas dunia

Gadis Cilik Penggembala 300 Ekor Kambing

Kompas.tv - 5 Oktober 2020, 22:26 WIB
gadis-cilik-penggembala-300-ekor-kambing
ChenWan (7 tahun) senantiasa bersemangat saat melihat kambing, begitupun saat menggembalakannya. Ia juga mampu menggiring kambing, memberinya makan bahkan menungganginya. (Sumber: South China Morning Post)
Penulis : Agung Pribadi

Hubei, Kompas TV - Chen Wan atau biasa dipanggil Wanwan, adalah seorang gadis cilik penggembala 300 ekor kambing.

Di usianya yang baru genap 7 tahun, ia sudah terlihat akrab dengan hewan peliharaannya.

Bahkan dia juga bisa menggiring kawanan kambing, memberinya makan, atau bahkan menungganginya.

Bagi mereka yang telah mengenalnya, mungkin akan menganggap wajar. Karena Wanwan sudah menggembala bersama orang tuanya sejak dia berusia 3 tahun.

"Wanwan sangat menyukai hewan peliharaan. Ia juga selalu bersemangat saat melihat kambing, bahkan sebelum dia bisa berbicara atau berjalan," ujar ayah Wanwan, seperti dilansir dari South China Morning Post.

Acapkali Wanwan membawa serta buku untuk dipelajari saat menempuh rute sepanjang tiga kilometer itu.

Namun, membimbing kambing dalam jumlah tak sedikit bisa sangat melelahkan bagi gadis kecil itu, terutama di padang rumput yang luas dan tak terbatas.

Ayah Wanwan mengaku akan menggendong anaknya jika ia terlihat lelah atau rutenya terlalu panjang.

Ayah Wanwan juga membuat video tentang keseharian Wanwan. Meskipun videonya diterima dengan baik oleh para pengikutnya, beberapa mengkhawatirkan keselamatan dan pendidikan gadis itu.

"Beberapa orang berpikir bahwa saya tidak bertanggung jawab, karena membiarkan dia membimbing kambing di usia muda. Saya memahami kekhawatiran mereka karena mereka tidak mengetahui situasi kami saat ini. Saya hanya ingin anak saya bahagia. Apakah dia suka bersenang-senang atau bermain dengan hewan, saya akan membiarkan dia melakukan apa yang dia inginkan, " ungkap Ayah Wanwan.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x