Kompas TV internasional kompas dunia

Presiden Kyrgyzstan Umumkan Darurat Nasional, Keributan Pecah di Ibu Kota

Kompas.tv - 9 Oktober 2020, 23:12 WIB
presiden-kyrgyzstan-umumkan-darurat-nasional-keributan-pecah-di-ibu-kota
Unjuk rasa di Kyrgysztan berkembang menjadi keributan. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Haryo Jati

BISHKEK, KOMPAS.TV - Presiden Kyrgyzstan, Sooronbai Jeenbekov mengumumkan negara tersebut tengah berada dalam kondisi darurat nasional.

Hal tersebut dikarenakan demonstrasi besar-besaran karena pemilihan parlemen yang dianggap bermasalah, Minggu (4/10/2020).

Para demonstran merasa pemilihan umum tersebut tak berjalan dengan semestinya, dan meminta diadakannya pemilihan ulang.

Baca Juga: Maskapai Penerbangan Ini Alih Usaha Jualan Roti Goreng, Untungnya Miliaran

Seperti dikutip dari BBC, Presiden Jeenbekov memerintahkan darurat nasional efektif diberlakukan Jumat (9/10/2020) malam hingga 21 Oktober nanti.

Jam malam serta pembatasan militer yang ketat akan diberlakukan, termasuk kontrol terhadap siapa saja yang bisa masuk dan keluar dari Ibu Kota negara, Bishkek.

Dekrit tersebut juga memperbolehkan pihak militer untuk membuat pos keamanan di Bishkek, dan memperbolehkan mereka menempatkan tantara dan senjata militer.

Rupanya pengumuman tersebut membuat keributan terjadi dalam demonstrasi yang dilakukan di Ibu Kota negara Asia Tengah tersebut.

Dua kelompok pendukung tokoh politik berserabangan yang tengah memperebutkan posisi Perdana Menteri negara tersebut saling adu jotos.

Baca Juga: Program Pangan Dunia (WFP) PBB Raih Nobel Perdamaian 2020

Saat ini posisi tersebut tengah kosong, setelah Kubatnek Boronov mundur dari jabatannya sebagai Perdana Menteri, Rabu (7/10/2020).

Sayagnya, para pengunjuk rasa tak menemui kesepakatan atas siapa yang bakal memimpin pemerintahan baru.

Keributan pun berkembang hingga terjadinya pelemparan batu. Bahkan sempat ada penembakan ke arah mobil mantan presiden Kyrgysztan, Almazbek Atambayev.




Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x