Kompas TV internasional kompas dunia

Kerja Sama Bidang Pertahanan, Indonesia dan Zimbabwe Sepakati 3 Hal

Kompas.tv - 4 Januari 2021, 18:50 WIB
kerja-sama-bidang-pertahanan-indonesia-dan-zimbabwe-sepakati-3-hal
Indonesia – Zimbabwe Sepakat Membentuk Perjanjian Kerjasama Bidang Pertahanan (Sumber: KBRI Harare)
Penulis : Yuilyana

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia dengan Zimbabwe sepakat membentuk perjanjian kerja sama bidang pertahanan. 

Dikutip dari rilis Kementerian Luar Negeri Pemerintah Zimbabwe menyatakan mendukung sepenuhnya usulan Pemerintah Indonesia agar perjanjian kerjasama bilateral  bidang pertahanan tersebut difokuskan pada tiga kegiatan.

Pertama, Pertukaran kunjungan pejabat tingkat tinggi dan operasional atau Exchange of visit of high ranking and operational level officials.

Kedua, promosi kerjasama pendidikan dan pelatihan, atau promotion of education and training cooperation.

Ketiga, promosi industri pertahanan antara kedua negara atau promotion of defence industry between the two countries. 

Sebelumnya Kementerian Pertahanan Republik Indonesia memberikan usulan untuk menandatangani Letter of Intent Between the Ministry of Defence of the Republic of Indonesia and the Ministry of Defence of the Republic of Zimbabwe on Bilateral Defence Cooperation. 

Dubes RI untuk Zimbabwe Juniarta Sastrawan menekankan arti penting kegiatan kerjasama bidang pertahanan yang akan mempromosikan kerjasama industri pertahanan.

"dalam jangka panjang kerjasama ini juga akan bermanfaat bagi perluasan dan peningkatan kerjasama ekonomi, perdagangan dan investasi kedua negara.  Hal ini dimungkinkan karena adanya kesediaan Pemeritah Zimbabwe melakukan counter purchase dengan ekspor hasil-hasil tambangnya untuk keperluan investasi atau impor dari Indonesia."kata Sastrawan dikutip dari laman Kementerian Luar Negeri, Senin (04/01/2021). 

Dengan demikian maka peluang  Indonesia untuk meningkatkan kerjasama bidang pertahahan yang sekaligus untuk memperluas kerja sama dibidang ekonomi akan terbuka untuk dikembangkan.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x