Kompas TV internasional kompas dunia

Langsung Tancap Gas, Biden Teken 10 Kebijakan Hadapi Pandemi

Kompas.tv - 22 Januari 2021, 04:51 WIB
langsung-tancap-gas-biden-teken-10-kebijakan-hadapi-pandemi
Presiden Amerika Serikat Joe Biden ketika memberikan pidato dalam acara pelantikannya, Rabu (20/1/2021). (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

WASHINGTON, KOMPAS.TV – Tanpa membuang waktu lagi, Biden langsung tancap gas dan menandatangani kebijakan untuk menekan penyebaran virus Covid-19. Hanya satu hari setelah dilantik, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menandatangani 10 perintah eksekutif yang ditujukan untuk memerangi pandemi virus corona. Salah satu kebijakan yang ia teken adalah perluasan penggunaan Undang-Undang Produksi Pertahanan untuk memperluas produksi vaksin.

Baca Juga: Penuhi Janji, Biden Cabut Larangan Untuk Negara Muslim di Hari Pertama Menjabat

Seperti dikutip dari the Associated Press, Biden juga menandatangani perintah yang mewajibkan penggunaan masker untuk perjalanan pada Kamis (21/1/2021). Warga AS harus menggunakan masker di bandara, pesawat terbang, kapal, kereta api, bus, dan transportasi umum lainnya.

Selain itu, Biden juga memerintahkan Badan Manajemen Darurat Federal (FEMA) untuk mengganti sejumlah biaya yang terkait dengan respons Covid-19, yang digunakan untuk menyediakan dana guna membantu membuka kembali sekolah.

Baca Juga: Usai Dilantik, Presiden AS Joe Biden Langsung Lucuti Kebijakan Donald Trump

Biden memerintahkan FEMA untuk mulai mendirikan pusat vaksinasi untuk memulai program penyediaan vaksin melalui apotek lokal mulai bulan depan. Ia juga memobilisasi Layanan Kesehatan Masyarakat untuk menyebarkan bantuan di tingkat lokat untuk melakukan vaksinasi.

Pemerintahan Biden memasang target tinggi, yaitu memberikan 100 juta vaksin selama 100 hari pertama kepresidenan Biden. Gebrakan ini dilakukan untuk menekan penyebaran Covid-19 dan agar sekolah serta bisnis dapat sepenuhnya dibuka kembali.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x