Kompas TV internasional kompas dunia

Biden dan Putin Lakukan Pembicaraan Pertama, Apa Isinya?

Kompas.tv - 27 Januari 2021, 12:07 WIB
biden-dan-putin-lakukan-pembicaraan-pertama-apa-isinya
Dalam file foto 10 Maret 2011 ini, Wakil Presiden AS Joe Biden berjabat tangan dengan Perdana Menteri Rusia Vladimir Putin di Moskow. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan pemimpin Rusia Vladimir Putin mengadakan percakapan pertama mereka pada Selasa (26/1/2021). Dalam panggilan telepon ini, mereka menggarisbawahi tentang hubungan yang bermasalah dan keseimbangan yang rapuh antara kedua negara yang saling bermusuhan ketika Perang Dingin ini.

Menurut Gedung Putih, Biden menyuarakan keprihatinan tentang penangkapan tokoh oposisi Alexei Navalny, dugaan keterlibatan Rusia dalam kampanye spionase dunia maya besar-besaran dan laporan hadiah Rusia pada pasukan Amerika di Afghanistan.

Sedangkan Kremlin, berfokus pada tanggapan Putin terhadap proposal Biden untuk memperpanjang perjanjian kontrol senjata AS-Rusia yang tersisa.

Baca Juga: Rusia Diguncang Demonstrasi, Vladimir Putin: Pembebasan Alexei Navalny Berbahaya dan Ilegal

Meskipun pembacaan dari kedua ibu kota tersebut menekankan elemen yang berbeda, namun keduanya menyarankan bahwa hubungan AS-Rusia akan dipandu oleh keinginan untuk tidak merugikan, tetapi juga tidak mendesak untuk memperbaiki kerusakan yang ada.

Kedua presiden setuju agar tim mereka segera bekerja untuk menyelesaikan perpanjangan lima tahun dari perjanjian senjata nuklir START Baru yang akan berakhir bulan depan. Pemerintahan mantan Presiden Donald Trump telah menarik diri dari dua perjanjian pengendalian senjata dengan Rusia dan telah bersiap untuk membiarkan START berakhir.

Tidak seperti pendahulunya - termasuk Trump, yang terpikat pada Putin dan sering kali melemahkan sikap keras pemerintahannya sendiri terhadap Rusia - Biden tidak memberikan harapan untuk "mengatur ulang" hubungan. Sebaliknya dia telah mengindikasikan bahwa dia ingin mengelola perbedaan tanpa harus menyelesaikannya atau meningkatkan hubungan.

Baca Juga: Perancis-Jerman Prihatin dengan Situasi di Rusia Terkait Penangkapan Alexei Navalny

Dan dengan agenda domestik yang berat dan keputusan yang membayangi yang dibutuhkan di Iran dan China, konfrontasi langsung dengan Rusia kemungkinan bukanlah sesuatu yang diinginkan Biden.

Meskipun para pemimpin sepakat untuk bekerja sama untuk memperpanjang START Baru sebelum berakhir 5 Februari dan untuk melihat bidang lain dari kerja sama strategis potensial, Gedung Putih mengatakan Biden tegas pada dukungan AS untuk kedaulatan Ukraina, sementara Rusia mendukung gerakan separatis di negara itu.

"Presiden Biden menjelaskan bahwa Amerika Serikat akan bertindak tegas dalam membela kepentingan nasionalnya dalam menanggapi tindakan Rusia yang merugikan kami atau sekutu kami," kata Gedung Putih.

Baca Juga: Ketua Yayasan Anti Korupsi Rusia: Pemerintah Terguncang Protes Menuntut Pembebasan Alexei Navalny

Seperti dikutip dari the Associated Press, Moskow telah menghubungi Gedung Putih pada minggu lalu untuk meminta panggilan telepon tersebut. Biden setuju, tetapi dia ingin terlebih dahulu mempersiapkan diri dengan stafnya dan berbicara dengan sekutu Eropa, termasuk para pemimpin Inggris, Prancis dan Jerman.

Sebelum berbicara dengan Putin, Biden juga menelepon kepala NATO Jens Stoltenberg untuk menjanjikan komitmen AS terhadap aliansi yang telah berusia puluhan tahun yang didirikan sebagai benteng melawan agresi Rusia.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x