Kompas TV internasional kompas dunia

Tiga Ton Kokain dan Ganja Dengan Bungkus Foto Pablo Escobar Ditemukan Aparat Keamanan Chile

Kompas.tv - 13 Maret 2021, 17:30 WIB
tiga-ton-kokain-dan-ganja-dengan-bungkus-foto-pablo-escobar-ditemukan-aparat-keamanan-chile
Aparat Chile menemukan lebih dari tiga ton kokain dan ganja yang dibungkus kertas dengan cap bergambar Pablo Escobar. Pablo Escobar merupakan bos kartel narkoba Medellin di Kolombia yang tewas dalam penggerebekan pada 1993. Melansir Reuters, Sabtu (13/03/2021), otoritas Chile mengatakan narkoba berhias gambar Pablo Escobar adalah yang pertama di Chile. (Sumber: Business Insider)
Penulis : Edwin Shri Bimo

SANTIAGO, KOMPAS.TV – Aparat Chile menemukan lebih dari tiga ton kokain dan ganja yang dibungkus kertas dengan cap bergambar Pablo Escobar. Pablo Escobar merupakan bos kartel narkoba Medellin di Kolombia yang tewas dalam penggerebekan pada 1993. Melansir Reuters, Sabtu (13/03/2021), otoritas Chile mengatakan narkoba berhias gambar Pablo Escobar adalah yang pertama di Chile.

Awal tahun ini, di tempat lain, tepatnya di Pantai Mosquito di Honduras, polisi setempat juga berhasil menyita paket serupa. Direktur Jendar Kepolisian Investigasi Chile (PDI) Hector Espinosa mengatakan, organisasi kriminal selalu memberikan cap untuk produk mereka. “Sesuatu yang khas, agar bisa ditelusuri, untuk memastikan pengiriman berskala besar mencapai tujuan mereka,” kata Espinosa.

Baca Juga: Para Ilmuwan Ingin Kuda Nil Pablo Escobar Dimusnahkan, Ini Alasannya…

Jumlah narkoba yang berhasil disita tersebut merupakan capaian yang cukup luar biasa untuk upaya pemberantasan obat-obatan terlarang di Chile. Aparat Chile juga menangkap enam orang, menyita 14 kendaraan, berbagai senjata, mata uang asing, dan beberapa ponsel. Obat-obatan terlarang itu disita di gurun utara Chile dekat Arica, wilayah pegunungan terpencil yang menjadi titik fokus bagi penyelundup barang ilegal dan manusia.

Polisi mengatakan, narkoba tersebut berasal dari Bolivia. Melansir Reuters, Chile merupakan negara yang tidak termasuk dalam radar para pengedar narkoba di kawasan Amerika Selatan. Namun, beberapa kejahatan terkait narkoba yang terjadi baru-baru ini di ibu kota Chile, Santiago, dan di daerah pedalaman telah membuat pihak berwenang waspada.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x