Kompas TV internasional kompas dunia

Dua Grandmaster Catur Terbaik Dunia Saling Bercanda saat Turnamen, Komentator Sampai Tertawa-tawa

Kompas.tv - 19 Maret 2021, 17:22 WIB
dua-grandmaster-catur-terbaik-dunia-saling-bercanda-saat-turnamen-komentator-sampai-tertawa-tawa
Juara Catur Dunia Magnus Carlsen saat bercanda bersama Grandmaster asal Amerika Hikaru Nakamura. (Sumber: Youtube/chess24.5)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Eddward S Kennedy

KOMPAS.TV - Catur adalah olahraga strategi yang memerlukan perhitungan dan perencanaan detail untuk menang bahkan sejak langkah pembukaan. Namun, bagaimana jadinya jika dua grandmaster terbaik dunia bercanda saat turnamen catur?

Begitulah yang terjadi dalam sebuah pertandingan catur turnamen Magnus Carlsen Invitational 2021 pada Senin (15/3/2021).

Juara Dunia Catur asal Norwegia, Magnus Carlsen bertemu dengan Hikaru Nakamura, Grandmaster peringkat 19 dunia asal Amerika.

Magnus Carlsen memainkan bidak catur putih. Namun, alih-alih memulai pertandingan dengan cara mematikan, Carlsen malah menggerakkan Rajanya ke depan pada langkah kedua.

Baca Juga: Rajin Catat Langkah, Ini Sosok Pak Dadang Si Dewa Kipas yang Kalahkan Gamer Catur Dunia di Chess.com

Mengutip The Guardian, langkah pembukaan catur ini terkenal sebagai “Bongcloud”. Ini adalah langkah pembukaan candaan. Sebabnya, langkah ini tak efektif dan buang-buang waktu

Bongcloud, langkah pembukaan catur Magnus Carlsen dan Hikaru Nakamura yang dilakukan dengan bercanda. (Sumber: Youtube/chess24.5)

Pembukaan Bongcloud ini jelas membahayakan bidak Raja karena tak terlindungi. Tak cuma itu, langkah pembukaan ini juga menghambat gerak bidak Ratu dan Gajah.

Langkah pembukaan ini kerap jadi bahan bercandaan dan mulai terkenal sejak tersebar rumor mantan Juara Catur Dunia asal Amerika, Bobby Fischer menggunakannya pada tahun 2000.

‘Taktik’ ini kerap digunakan pula oleh Hikaru Nakamura dalam beberapa tahun terakhir.

Pada 2018 ia menggunakan langkah pembukaan ini sebanyak tiga kali melawan GM Levon Aronian dalam Chess.com Speed Chess Championship dan hanya menang sekali.

Pada 2019 dan 2020, Nakamura total menggunakan langkah pembukaan ini sebanyak tiga kali dan menang dalam ketiga pertandingan itu.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x