Kompas TV internasional kompas dunia

Setelah 100 Tahun, Burung Kondor California Akan Kembali Ke Pasifik Barat-Laut

Kompas.tv - 26 Maret 2021, 04:35 WIB
setelah-100-tahun-burung-kondor-california-akan-kembali-ke-pasifik-barat-laut
Seekor burung kondor California tampak terbang di kawasan Big Sur, California, Amerika Serikat (AS). Foto diambil pada 21 Juni 2017. (Sumber: AP Photo / Marcio Jose Sanchez, File)
Penulis : Vyara Lestari

SAN FRANSISCO, KOMPAS.TV – Burung kondor California yang terancam punah kemungkinan dapat kembali ke Pasifik Barat-Laut untuk pertama kali dalam 100 tahun.

Dinas Perikanan dan Satwa Liar Amerika Serikat (AS) berencana melakukan pelepasliaran burung raksasa pemakan bangkai yang dibesarkan di penangkaran ke Taman Nasional Redwood pada awal musim gugur tahun ini. Pelepasliaran burung nasar ini bertujuan untuk menciptakan “populasi eksperimen tak penting” di California bagian utara jauh, Oregon dan Nevada bagian barat-laut.

Baca Juga: Pernah Selamat dari Tsunami Jepang, Burung Tertua di Dunia ini Punya Anak di Usia 70 tahun

Dilansir dari The Associated Press mengutip San Fransisco Chronicle pada Kamis (25/3/2021), proyek eksperimen ini akan dipimpin oleh suku Yurok. Salah satu suku asli AS ini menganggap kondor California sebagai hewan suci dan telah bekerja selama bertahun-tahun untuk mengembalikan spesies itu kembali ke wilayah leluhur suku itu.

“Dalam setahun dari sekarang, kami berharap burung-burung itu bisa terbang di angkasa,” ujar Tiana Williams-Claussen, direktur departemen satwa liar suku Yurok. “Ketiadaan burung itu di angkasa kami selama 100 tahun belakangan ini melukai kami.”

Baca Juga: BKSDA Jambi Melepasliarkan 3 Ekor Buaya ke Taman Nasional Berbak Sembilang

Kondor California merupakan burung asli Amerika Utara terbesar, dengan rentangan sayap hampir sepanjang 3 meter. Burung pemakan bangkai ini sebelumnya tersebar luas, namun mulai menghilang sejak tahun 1970an akibat perburuan liar, keracunan timbal akibat memakan hewan yang dibunuh para pemburu dan perusakan habitat hidup mereka.

Pada awal tahun 1980an, seluruh 22 kondor yang tersisa di alam dipindahkan ke program penangkaran yang kemudian mulai melepasliarkan burung-burung raksasa itu ke Hutan Nasional Los Padres di California Selatan pada tahun 1992. Kawanan burung kondor itu kemudian melebarkan jangkauan jelajahnya, sementara burung-burung kondor lain menempati wilayah Pesisir Tengah California, Arizona, Utah dan Baja California di Meksiko. Total populasi burung liar itu kini berjumlah lebih dari 300 ekor.

Baca Juga: Hong Kong Tangguhkan Impor Unggas dari Beberapa Negara Eropa Terdampak Flu Burung H5N8

Sekitar selusin burung kondor dewasa dan 2 ekor anak kondor tewas pada musim panas lalu saat kebakaran besar melanda kawasan habitat mereka di Big Sur di sepanjang Pesisir Tengah California.

Inisiatif baru ini menyerukan untuk melepasliarkan 4 - 6 ekor kondor remaja setiap tahun selama 20 tahun di Taman Nasional Redwood, yang berjarak sekitar 1 jam perjalanan bermobil dari perbatasan Oregon.

Burung kondor dapat hidup selama 60 tahun dan terbang dalam jarak sangat jauh. Ini sebabnya daya jejalah mereka dapat menjangkau sejumlah negara bagian.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x