Kompas TV internasional kompas dunia

Menlu Rusia Sebut Hubungan Negaranya dengan Amerika Serikat Ada di Titik Nadir

Kompas.tv - 3 April 2021, 00:30 WIB
menlu-rusia-sebut-hubungan-negaranya-dengan-amerika-serikat-ada-di-titik-nadir
Para prajurit berbaris dalam parade militer untuk memperingati 75 tahun kemenangan Rusia dalam Perang Patriotik Hebat di Lapangan Merah di Moskow, Rusia, pada 24 Juni 2020. (Sumber: Xinhua/Bai Xueqi)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

MOSKOW, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov pada Kamis (1/4/2021) mengatakan hubungan Rusia-Amerika Serikat saat ini berada pada titik terendah akibat meningkatnya konfrontasi.

Lavrov berharap akal sehat dan kebijaksanaan pada akhirnya akan menang, seperti dilansir Xinhua, Jumat (2/4/2021).

Dalam kebijakan luar negeri Amerika Serikat tentang Rusia, ada peningkatan tekanan di semua bidang dan wacana yang lebih keras, namun menurut Lavrov bukanlah hal baru, ujar Lavrov dalam sesi wawancara dengan sebuah program televisi lokal.

Baca Juga: Protes Layanan Kesehatan yang Buruk di Penjara, Pemimpin Oposisi Rusia Alexei Navalny Mogok Makan

Dia menekankan peluang melakukan dialog serius antara Rusia dan AS terbilang kecil jika Washington terus menyalahkan Moskow atas konsekuensi dari kebijakan sembrono yang dibuat sendiri oleh Amerika Serikat selama ini.

Menurut diplomat itu, negara-negara Barat merasakan "ancaman terhadap dominasi mereka" dan oleh karenanya menciptakan aturan-aturan baru yang menurut mereka harus dijadikan dasar tatanan dunia.

Namun, aturan-aturan itu bertentangan dengan apa yang diuraikan dalam piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x