Kompas TV internasional kompas dunia

Skandal Wawancara Putri Diana di BBC, Martin Bashir: Wawancara Itu Tidak Menyakiti Diana

Kompas.tv - 23 Mei 2021, 15:06 WIB
skandal-wawancara-putri-diana-di-bbc-martin-bashir-wawancara-itu-tidak-menyakiti-diana
Putri Diana saat diwawancarai oleh jurnalis BBC Martin Bashir dalam program 'Panorama' pada tahun 1995 silam. (Sumber: Tim Graham/Corbis/Getty Images)
Penulis : Vyara Lestari | Editor : Zaki Amrullah

LONDON, KOMPAS.TV – Martin Bashir, jurnalis BBC yang mewawancarai Putri Diana dalam program ‘Panorama’ menyatakan, dirinya tak pernah berniat melukai Diana, Princess of Wales, melalui wawancara yang dilakukannya.

Reputasi Bashir hancur, menyusul laporan pensiunan hakim Lord Dyson yang menyelidiki skandal wawancara itu. Laporan Dyson menyebut Bashir melakukan ‘perilaku curang’ demi mendapatkan wawancara eksklusifnya itu.

Melansir The Guardian, Minggu (23/5/2021), Bashir menyatakan bahwa Diana tidak pernah tak senang dengan isi wawancara yang dilakukannya. Bashir bahkan mengklaim, dirinya dan Diana tetap berteman setelah wawancara itu. Diana bahkan sempat mengunjungi Deborah saat istri Bashir itu melahirkan anak ketiga mereka di Rumah Sakit St George di Tooting, London selatan.

“Saya tidak pernah ingin menyakiti Diana dengan cara apa pun dan saya tidak percaya kami telah melakukannya,” kata Bashir pada Sunday Times.

Baca Juga: Buntut Penyelidikan Skandal Wawancara Putri Diana, Mantan Dirjen BBC Mundur

“Semua yang kami lakukan terkait wawancara itu sesuai dengan apa yang diinginkan Diana, mulai dari saat ia ingin memberi tahu istana, saat wawancara itu disiarkan, sampai ke isi wawancara,” papar Bashir. “Keluarga saya dan saya mencintai Diana.”

Bashir menyatakan penyesalan mendalam pada Duke of Cambridge (Pangeran William) dan Duke of Sussex (Pangeran Harry). Namun, ia membantah tudingan William bahwa ia telah menjadi penyebab isolasi dan paranoia Diana.

“Bahkan di awal tahun 1990an, beredar cerita-cerita dan rekaman telepon yang disadap. Saya bukan sumber dari itu semua,” tegasnya.

Baca Juga: Integritas BBC Dipertanyakan Terkait Wawancara Mendiang Putri Diana yang Kontroversial

Adik lelaki Diana, Earl Charles Spencer, menyatakan bahwa ia telah menarik batas tegas antara wawancara itu dengan kematian kakaknya, dan mengklaim bahwa aksi Bashir telah mengakibatkan Diana menyerahkan rincian keamanan kerajaannya.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x