Kompas TV internasional kompas dunia

Tentara Amerika Selamatkan Bayi Sakit Hingga Evakuasi Anak Afghanistan di Bandara Kabul

Kompas.tv - 23 Agustus 2021, 14:32 WIB
Penulis : Sadryna Evanalia

KABUL, KOMPAS.TV – Inilah video yang viral di media sosial. Seorang marinir Amerika Serikat mengangkat seorang bayi melewati tembok kawat berduri di Bandara Kabul, Afghanistan pada Jumat, 20 Agustus 2021.

Juru Bicara Pentagon John Kirby menjelaskan Marinir tersebut mengangkat bayi ini karena orangtuanya meminta mereka menjaga bayinya yang sakit. Marinir AS kemudian membawa bayi ini ke RS Norwegia di bandara.

"Video yang Anda bicarakan (itu tentang) orang tua meminta Marinir menjaga bayinya karena bayinya sakit," katanya kepada wartawan.

"Jadi Marinir yang Anda lihat mengambilnya melewati tembok membawanya ke rumah sakit Norwegia yang ada di bandara. Mereka merawat anak itu dan mengembalikannya ke ayah anak tersebut,” ujar Kirby dilansir dari Kompas.com (21/8/2021).

Baca Juga: Pilu! Momen Evakuasi Balita di Bandara Kabul

Militer Amerika Serikat juga merilis beberapa foto resmi tentara lain yang membantu anak-anak untuk evakuasi di Bandara Afghanistan.

Tampak seorang prajurit memeluk bayi di lengannya. Ia juga tersenyum seolah menjadi ayah.

Tentara lainnya juga menggendong bayi yang tengah menunggu ibunya dievakuasi. Potret lainnya, Marinir Amerika Serikat juga memberikan air mineral kepada sejumlah anak-anak.

Warga Afghanistan dan anak-anak mereka ingin meninggalkan negaranya setelah Taliban berhasil menguasai Kabul pada 15 Agustus 2021.

Video Editor: Lisa Nurjannah



Sumber : Kompas TV, APTN, Twitter


BERITA LAINNYA



Close Ads x