Kompas TV regional jabodetabek

Program Bebenah Kampung di Palmerah: Inisiatif untuk Perubahan Positif di Jakarta

Kompas.tv - 6 Juli 2024, 00:30 WIB
program-bebenah-kampung-di-palmerah-inisiatif-untuk-perubahan-positif-di-jakarta
Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan perwakilan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia selaku pembedah hunian dalam Program Bebenah Kampung, menyerahkan kunci rumah kepada sembilan keluarga pada Rabu (3/7/2024). (Sumber: Istimewa)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta bersama Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia berkolaborasi dalam Program Bebenah Kampung.

Program ini menjadi andalan Jakarta untuk mewujudkan tempat tinggal layak huni, serta menjadi bagian dari pemenuhan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) sampai 2030. 

Dalam rangkaian acara Program Bebenah Kampung, dipamerkan Rumah Barokah Palmerah yang terletak di RT 013 RW 008, Palmerah, Jakarta Barat.

Hunian vertikal tersebut terdiri atas empat lantai di tengah permukiman padat penduduk.

Sebelumnya, sebanyak enam keluarga tinggal di atas lahan seluas 90 meter persegi. Mereka menempati rumah berukuran 5-6 meter persegi dengan ventilasi dan pencahayaan yang buruk sehingga lembap.

Dan sekarang, rumah tersebut berubah rupa menjadi sembilan unit hunian yang tersebar di empat lantai. 

Setiap unit berupa satu ruangan berukuran 18 meter persegi, dilengkapi kamar mandi dengan toilet duduk dan pancuran air, wastafel atau tempat cuci, teras dan balkon, serta alat pemadam api ringan.

Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan perwakilan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia selaku pembedah hunian dalam Program Bebenah Kampung, telah menyerahkan kunci rumah kepada sembilan keluarga pada Rabu (3/7/2024) lalu.

Penyerahan itu disaksikan pula oleh wali kota dunia ataupun perwakilannya di sela-sela acara International Mayors Forum 2024. 

Forum bertajuk ”Accelerating Action at the Local Level to Achieve the 2030 Agenda and the Sustainable Development Goals” itu diikuti 200 perwakilan dari 36 negara dan 74 kota yang berlangsung hingga 4 Juli 2024.

Heru mengajak sejumlah wali kota dunia ataupun perwakilannya, melihat hunian vertikal Rumah Barokah Palmerah sekaligus berinteraksi dengan keluarga yang akan menghuni bangunan tersebut.

Baca Juga: Diduga Akibat Korsleting, 10 Rumah Semi Permanen di Palmerah Jakbar Ludes Terbakar



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x