Kompas TV internasional kompas dunia

Korban Jiwa Badai dan Tornado AS Diperkirakan Mencapai 100 Orang

Kompas.tv - 12 Desember 2021, 11:28 WIB
korban-jiwa-badai-dan-tornado-as-diperkirakan-mencapai-100-orang
Petugas dan relawan mencari korban ambruknya sebuah pabrik lilin akibat tornado di Maryfield, Kentucky, AS pada Sabtu (11/12/2021). (Sumber: Gerald Herbert/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Purwanto

MARYFIELD, KOMPAS.TV - Tornado hebat melanda wilayah tengah Amerika Serikat (AS) sejak Jumat (12/12/2021) malam waktu setempat. Bencana ini menewaskan puluhan orang dan merusak berbagai fasilitas.

Tornado itu melaju sejauh ratusan kilometer dan sempat melintasi wilayah perkotaan. Di negara bagian Kentucky, tornado menghancurkan sebuah pabrik lilin saat buruh sedang bekerja.

“Saya berdoa semoga ada yang bisa diselamatkan lagi. Saya berdoa semoga masih ada satu atau dua lagi (yang selamat),” kata Guberur Kentucky Andy Beshear saat mengunjungi pabrik lilin yang hancur di Maryfield.

Sebanyak 110 orang sedang bekerja lembur di pabrik tersebut ketika tornado melanda. Hingga berita ini diturunkan, baru 40 yang berhasil diselamatkan.

Baca Juga: Hancur! Pantauan Udara Dampak Tornado Dahsyat di Kentucky Amerika Serikat

Tidak hanya Kentucky, badai dan tornado ini juga melanda Missouri, Illinois, Tennessee, Arkansas, dan Missouri.

Di Illinois, tornado memporak-porandakan gudang milik Amazon. 

Korban tewas akibat fenomena tornado ini dilaporkan sejumlah 36 orang di lima negara bagian. Namun, jumlah korban jiwa bisa terus bertambah mengingat dampak kerusakan dan upaya evakuasi yang masih berlangsung.

Gubernur Beshear pun memperkirakan sudah lebih dari 70 warga Kentucky yang tewas akibat tornado ini. Ia menyebut total korban jiwa bisa melampaui 100 orang.

Tornado brutal terpanjang di AS

Laporan awal menyebut tornado ini sudah berpusar sejauh hampir 400 kilometer di wilayah tengah AS.

“Tornado ini kemungkinan akan menjadi tornado ganas dengan trek terpanjang sepanjang sejarah Amerika Serikat,” kata Victor Genzini, periset cuaca ekstrem di Universitas Northern Illinois.

Tornado terpanjang yang terekam AS sebelumnya terjadi pada Maret 1925. Tornado tersebut menerpa Missouri, Illinois, dan Indiana.

Foto satelit menunjukkan perbandingan sebuah area di Maryfield, Kentucky, AS yang dilanda tornado sejak Jumat (10/11/2021). Foto atas diambil pada 2017/ (Sumber: Maxar Technologies via Associated Press)

Foto satelit menunjukkan perbandingan sebuah area di Maryfield, Kentucky, AS yang dilanda tornado sejak Jumat (10/11/2021). Foto bawah diambil pada 11 Desember 2021. (Sumber: Maxar Technologies via Associated Press)

Selain itu, tornado ini juga mengejutkan karena terjadi pada bulan Desember. Pasalnya, cuaca dingin Desember umumnya membatasi terbentuknya tornado.

Pemerintahan Joe Biden sendiri telah menaruh perhatian pada dampak bencana tornado tersebut. Biden mengumumkan situasi darurat bagi Kentucky dan janji akan membantu negara bagian yang terdampak.

“Saya berjanji, apa pun yang dibutuhkan, pemerintahan federal akan menemukan jalan memenuhinya,” kata Biden.

Baca Juga: Tornado Porak-poranda Permukiman Warga di Illinois AS


 




Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x